Otomotif

Komposisi Warna Cat Tentukan Karakter Motor

Komposisi Warna Cat Tentukan Karakter Motor. Komposisi Warna Cat Tentukan Karakter Motor

Komposisi Warna Cat Tentukan Karakter Motor
Tribun Jogja/ Yudha Kristiawan
Restorasi cat pada motor bebek lawas 

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Salah satu sentuhan terakhir dalam modifikasi motor adalah aplikasi warna.

Komposisi warna ini akan sangat menentukan karakter dari sebuah motor hasil sebuah modifikasi. Proses pemilihan cat dan pengecatan baik rangka dan bodi motor menjadi pekerjaan yang tak mudah bengkel modifikator.

Ishar owner dari Djoened Garage salah satu bengkel modifikasi di bilangan Jalan Kaliurang menuturkan, proses pengecatan ini kurang lebih memakan waktu hampir sepekan. Bila terik matahari bagus membantu proses pengeringan cat lebih cepat.

Pemilihan cat bagi Ishar memang dikembalikan kepada pemilik motor yang dimodifikasi. Namun ia tetap menyarankan pemilihan cat dengan kualitas yang baik sehingga bisa bertahan dalam lama dalam berbagai cuaca.

Baca: Yamaha Lexi Raih Otomotif Award 2019

Untuk komposisi warna, biasanya para pemilik motor sudah memiliki desain dengan warna yang dikehendaki.

"Bagian bodi ini sangat penting ketika proses pengecatan. Karena ketika kurang rata,maka perlu diulang lagi dan bisa jadi akan membuat cat sebelumnya tidak serasi. Kalau bagian rangka rata rata dicat hitam, relatif lebih mudah pengerjaannya karena tidak terlalu menonjol, tapi bila dicat warna cerah juga perlu kecermatan supaya hasilnya bagus," kata Ishar.

Hal senada diungkapkan Sigit dari bengkel kustom Black Smith. Beberapa kali Sigit menerima pesanan tangki Kustom yang komposisi warnanya cukup detil dan memiliki risiko sulit saat proses pengecatan. Bahkan ada yang meminta dilukis pada bagian tangki dan bodi motor.

Untuk warna warna yang jarang dipakai atau jarang diminati, Sigit mengakui risiko jangka panjang ketika akan mengecat ulang sebagian, warna yang serupa mungkin sudah didapatkan, lantaran produksi cat dengan warna tersebut terbatas. Namun, bila melihat dari sisi artistik dan estetika, warna yang jarang diminati bisa menjadi ciri khas motor itu sendiri.

Baca: Keluar Zona Nyaman DJ Paws Kolaborasi Bareng Morning Horny

"Yang paling aman memakai cat yang warnanya lazim namun memilih yang berkualitas bagus. Sekarang sudah banyak merk cat yang bagus dan rata rata hampir sama harganya. Yang penting proses pengecatan yang harus diperhatikan supaya cat yang sudah bagus bisa mendapatkan hasil yang maksimal," kata Sigit.

Halaman
12
Penulis: yud
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved