Yogyakarta

Eko Suwanto Ajak Anak Muda Cintai Produk Lokal

Eko Suwanto Ketua Komisi A DPRD DIY mengajak anak muda untuk mencintai produk olahan cokelat karya anak bangsa.

Eko Suwanto Ajak Anak Muda Cintai Produk Lokal
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto (berdiri) saat memaparkan potensi cokelat dalam bisnis kreatif dan UMKM kepada milenial di salah satu rumah makan di Kota Yogyakarta, Sabtu (13/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Produk buatan anak bangsa atau lokal khususnya di Yogyakarta memang tak ada habisnya.

Mulai dari kerajinan, fesyen hingga kuliner selalu berkembang signifikan setiap harinya.

Satu dari beberapa potensi bisnis lokal yang patut diperhitungkan yakni cokelat.

Seolah tak mau kalah dengan kopi, cokelat kini menjadi sajian kuliner yang tak luput dari sentuhan inovasi dan kreativitas.

Baca: Menikmati Manis-Gurihnya Gurameh Bakar Ala Jambon Resto

Melihat potensi tersebut, Eko Suwanto Ketua Komisi A DPRD DIY mengajak anak muda untuk mencintai produk olahan cokelat karya anak bangsa.

Pihaknya berharap peran milenial dalam memasarkan produk lokal ini dapat secara efektif tersebar kepada anak muda lainnya sehingga semakin banyak anak muda lain yang cinta produk sendiri khususnya cokelat.

"Cokelat ini menggembirakan, bikin suasana jadi hangat, mood jadi bagus ini produk yang bagus untuk masyarakat," katanya kepada wartawan di sela acara Ayo Cintai Produk Sendiri, Nyoklat Bareng Eko Suwanto di Ingkung Grobog, Kota Yogyakarta, Sabtu (13/4/2019).

Eko menilai, hadirnya cokelat dengan sentuhan inovasi dan kreativitas tak lepas dari peran UMKM serta industri kreatif.

Eko mengatakan, UMKM dan Industri Kreatif terlebih cokelat ini lekat dengan anak muda sehingga untuk memasarkan dan mengenalkan kepada masyarakat harus dengan cara-cara yang milenial pula.

Baca: Lewat Olahan Coklat, Caleg PDIP Eko Suwanto Gandeng Anak Muda Menangkan Pemilu 2019

"Ke depan UMKM dan ekonomi kreatif ini akan terus kita kembangkan dan kita dorong lewat APBD DIY termasuk kita ajak local guide, konten kreator dan aktivis lain yang mendukung pemberdayaan ekonomi rakyat ini," sambungnya.

Menurut Eko yang juga maju dalam bursa calon legislatif DPRD DIY 2019-2024 ini, hadirnya kreativitas dalam produk lokal menjadi angin segar bagi pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif untuk turut serta menciptakan lapangan pekerjaan.

Tak hanya itu, hadirnya produk kreatif tersebut juga mampu menjadi tonggak pengentasan kemiskinan khususnya di Yogyakarta.

"Ujung dari ini semua adalah meningkatkan kesejahteraan, menekan angka kemiskinan serta mengurangi pengangguran. Ekonomi kreatif dan UMKM ini yang kita harapkan jadi pengungkit ekonomi yang ada di Yogyakarta sehingga masalah pengangguran, kesenjangan, kemiskinan bisa diselesaikan bersama-sama," tutupnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved