Bantul

Besok, Logistik Pemungutan Suara di Bantul Mulai Didistribusikan ke Desa

Proses distribusi logistik pemungutan suara kepada 75 Desa di Kabupaten Bantul dilakukan bertahap selama tiga hari.

Besok, Logistik Pemungutan Suara di Bantul Mulai Didistribusikan ke Desa
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
KPU Bantul menggelar sosialisasi tahapan pemilu 2019 di Hotel Ros-in Sewon Bantul, Jumat (12/4/2019). Di dalamnya termasukerbicara mengenai empat caleg tidak memenuhi syarat di Kabupaten Bantul. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemilihan umum serentak tahun 2019 tinggal menghitung hari lagi, tepatnya tanggal 17 April 2019 mendatang.

Sejumlah persiapan terus dilakukan oleh KPU Bantul di antaranya persiapan distribusi logistik pemungutan suara kepada puluhan desa di Kabupaten Bantul.

"Tanggal 14 April 2019, hari Minggu pagi, kita sudah memulai distribusi logistik ke desa, untuk pertama kali," kata Ketua divisi perencanaan, data dan informasi KPU Bantul, Arif Widayanto, saat sosialisasi tahapan pemilu 2019 di Hotel Ros-in Sewon Bantul, Jumat (12/4/2019) kemarin.

Baca: Menikmati Manis-Gurihnya Gurameh Bakar Ala Jambon Resto

Arif menjelaskan proses distribusi logistik pemungutan suara kepada 75 Desa di Kabupaten Bantul dilakukan bertahap selama tiga hari.

Hari pertama dikirim pada tanggal 14, kemudian dilanjutkan tanggal 15 dan setengah hari di tanggal 16 April 2019.

Distribusi logistik tahun ini menurut dia memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan distribusi pemilu pada tahun 2014 lalu yang hanya butuh waktu dua hari.

Hari pertama besok, logistik pemilu berupa kotak suara beserta lima surat suara pemilihan akan meluncur ke desa dari empat gudang KPU yang ada di Kabupaten Bantul.

Gudang tersebut antara lain berada di Padukuhan Kweni, Sewon, Padukuhan Code, Bantul, di gudang Pandak jalan Srandakan dan di gudang kantor KPU Bantul di Palbapang.

"Dari empat titik gudang itu secara serentak akan meluncur masing-masing menuju ke desa," terang dia.

Baca: KPU Bantul Gelar Lomba Selfie di TPS, Berhadiah Rp 8 Juta

Lebih lanjut, Arif menyampaikan distribusi logistik hari pertama ditargetkan dapat menjangkau enam kecamatan di wilayah terluar Kabupaten Bantul seperti kecamatan Piyungan, Banguntapan, Sedayu, Dlingo, Srandakan dan Pundong.

"Pengiriman hari kedua dan kemudian hari terakhir menyasar kecamatan yang ada di seputaran Bantul. Teknisnya, hari pertama ada enam kecamatan, hari kedua enam kecamatan dan hari terakhir, menjangkau lima kecamatan," jelas dia.

"Harapannya nanti tanggal 16 April siang, semua logistik sudah terdistribusi ke desa-desa" imbuhnya.

Setelah semua logistik terdistribusi ke desa-desa, di tanggal 16 April 2019 siang, semua panitia pemungutan suara (PPS) secara serentak akan melanjutkan distribusik logistik dari gudang desa menuju ke tempat pemungutan suara (TPS).

"Jadi di tanggal 16 April 2019, kita pastikan semua logistik sudah sampai di TPS," jelas dia.(*)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved