Jawa

Politik Uang dan Kampanye Hitam Berpotensi Terjadi Jelang Pemungutan Suara

Seluruh pengawas diminta mengawasi potensi dugaan praktik politik uang yang akan marak terjadi jelang hari pemungutan suara.

Politik Uang dan Kampanye Hitam Berpotensi Terjadi Jelang Pemungutan Suara
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana dan Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M Habib Shaleh, memantau para pengawas pada Apel Patroli Anti Politik Uang di Lapangan drh Soepardi, Sawitan, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jumat (12/4/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Ratusan jajaran pengawas yang ada di tiap TPS, desa-desa, hingga kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang dikumpulkan, Jumat (12/4/2019).

Seluruh pengawas diminta mengawasi potensi dugaan praktik politik uang yang akan marak terjadi jelang hari pemungutan suara.

"Buka mata, buka telingga situasi di sekitar kalian. Awasi potensi-potensi atau dugaan praktik money politik di sekitar wilayah kalian yang diawasi," kata Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Magelang M Habib Shaleh, Jumat (12/4/2019) pada Apel Patroli Anti Politik Uang di lapangan drh Soepardi, Sawitan Kota Mungkid.

Baca: Menikmati Manis-Gurihnya Gurameh Bakar Ala Jambon Resto

Selama masa kampanye Pemilu 2019, Bawaslu telah melaksanakan upaya pencegahan terhadap pelanggaran dan penindakan pelanggaran.

Upaya pencegahan pelanggaran yang dilakukan hingga 5.000 kali.

Bawaslu juga telah melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye melanggar sebanyak 3.078 APK.

Sementara untuk penindakan pelanggaran admimistrasi, Bawaslu Kabupaten Magelang menangani sebanyak satu kasus dan terbukti dan sudah diberikan surat peringatan tertulis.

Penindakan pelanggaran pidana sebanyak tiga kasus, dan pelanggaran undang-undang lainnya sebanyak lima kasus yakni seorang Kepala Desa, ASN di Salaman, dan perangkat desa di Secang dan Dukun.

Bawaslu juga tengah menangani dugaan terjadinya Black Campaign di wilayah Tegalrejo dan Srumbung. 

Baca: Distribusi C6 di Bantul Sudah 60 Persen

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved