Pemilu 2019

Permudah Pemilih Luar Kota Temukan Lokasi Pencoblosan, KPU DIY Luncurkan Peta TPS

Permudah Pemilih Luar Kota Temukan Lokasi Pencoblosan, KPU DIY Luncurkan Peta TPS

Permudah Pemilih Luar Kota Temukan Lokasi Pencoblosan, KPU DIY Luncurkan Peta TPS
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan saat menunjukkan peta lokasi TPS 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KPU DIY membuat Peta TPS untuk memudahkan pemilih menemukan lokasi Tempat Pemunguta Suara (TPS) pada Pemilu 2019 nanti.

Peta TPS ini bisa diakses oleh warga melalui diy.kpu.go.id.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan menjelaskan bahwa terobosan baru tersebut dibuat dengan maksud untuk mempermudah pemilih dari luar kota yang menggunakan hak pilihnya di DIY menemukan lokasi TPS.

"Ini digunakan agar tidak ada lagi warga luar kota yang kesulitan mencari TPS-nya," ujarnya dalam konferensi pers yang digelar di Kantor KPU Kota Yogyakarta, Jumat (12/4/2019).

Baca: Jadwal Debat Capres Putaran Kelima Sabtu 13 April 2019, Tema Debat Jokowi-Maruf vs Prabowo-Sandi

Jumlah TPS yang ada di DIY, diinformasikan Hamdan yakni sejumlah 11.780 TPS dan 1 TPS khusus yang ditempatkan di Lapas Narkotika Sleman.

Hamdan yang dalam kesempatan tersebut menunjukkan cara kerja peta TPS, menjabarkan bahwa tampilan lokasi TPS akan muncul ketika kolom kabupaten/kota, kecamatan, serta kelurahan telah diisi. Selanjutnya akan muncul TPS beserta nomor TPS dan alamatnya pada tampilan berikutnya.

"Di sini pemilih bisa klik langsung di peta yang ada tanda lokasi merah atau juga bisa klik di bagian bawah yang menunjukkan nomor TPS dan alamatnya. Nanti akan muncul jalan dari tempat tinggal menuju TPS dilengkapi juga dengan estimasi waktu yang diperlukan untuk sampai di sana," bebernya.(tribunjogja)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved