Gunungkidul

Meski Kurang 5623 Surat Suara KPU Gunungkidul Tetap Distribusikan Surat Suara pada Hari Ini

Kekurangan itu karena surat suara rusak dan hingga masa pengiriman belum mendapatkan pengganti dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Meski Kurang 5623 Surat Suara KPU Gunungkidul Tetap Distribusikan Surat Suara pada Hari Ini
TRIBUNJOGJA.COM / Wisang Seto P
Bupati Gunungkidul, Badingah saat melepas truk bermuatan logistik pemilu 2019 di halaman kantor KPU Gunungkidul, Kamis (11/4/2019). 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Surat suara di Kabupaten Gunungkidul masih kurang sebanyak 5623 surat suara.

Kekurangan itu karena surat suara rusak dan hingga masa pengiriman belum mendapatkan pengganti dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan terkait logistik yang belum dikirimkan adalah surat suara pengganti sortir jika dipersentase sebesar 0.1 persen.

Ia berharap surat suara tersebut dapat segera dikirim.

Baca: Dapil Pinggiran di Gunungkidul Akan Diutamakan dalam Pengiriman Logistik Pemilu

"Ada beberapa jenis form juga belum dikirim ada satu form yang msih kurang pada halamannya dan sudah kami informasikan kepada KPU Provinsi , informasi yang kami terima tanggal 12 sudah terkirim," uacpnya setelah kegiatan pelepasan truk distribusi logistik pemilu, di Halaman kantor KPU Gunungkidul, Kamis (11/4/2019).

Ahmadi menjelaskan nantinya setelah 5623 dikirim kembali ke KPU Gunungkidul, pihaknya akan melakukan penyortiran kembali kemudian dilipat untuk keperluan surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Mayoritas yang mengalami kerusakan adalah surat suara DPR RI dan DPR provinsi karena pencetakan yang kurang sempurna. Kita harapkan secepatnya dapat segera dikirim, untuk target pendistribusian selesai pada tanggal 15 April 2019," jelasnya.

Selanjutnya ia menuturkan pada pengiriman surat suara di Kabupaten Gunungkidul diutamakan daerah-daerah perbatasan karena memiliki kondisi geografis yang lebih ekstrem dibandingkan daerah pilihan (dapil) lainnya.

Baca: Bawaslu Gunungkidul Temukan Keterlibatan Anak Bawah Umur saat Kampanye

"Daerah perbatasan seperti dapil V, IV, II, III dan terakhir nanti dapil I. Daerah yang sulit adalah Purwosari, Panggang, Tanjungsari, Gedangsari termasuk sulit medannya lalu Dapil III di Girisubo Rongkop Ponjong. Kita utamakan daerah pinggiran yang perbatasan dengan daerah lain," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved