Sport

Kontingen Bantul Raih Juara Umum PEPARPEDA DIY

Keberhasilan ini melengkapi capaian Bantul yang sebelumnya diraih di ajang Pekan Olahraga Pelajar (Popda) bulan lalu.

Kontingen Bantul Raih Juara Umum PEPARPEDA DIY
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Kontingen Bantul sukses mengawinkan gelar juara umum pada ajang olahraga multi even level pelajar DIY usai menjuarai Pekan Paralympic Pelajar Daerah (Peparpeda) 2019, yang berlangsung 9-10 April 2019.

Keberhasilan ini melengkapi capaian Bantul yang sebelumnya diraih di ajang Pekan Olahraga Pelajar (Popda) bulan lalu.

Pada ajang Peparpeda DIY 2019, kontingen Bantul meraih total 20 medali yang terdiri dari 9 medali emas, 6 perak dan 5 perunggu.

Torehan prestasi Bantul ini jauh mengungguli kontingen daerah lainnya yang juga ambil bagian dalam ajang olahraga pelajar penyandang disabilitas se-DIY tahun ini.

Baca: Pertandingan Tenis Meja Pepaperda DIY 2017 di GOR Among Raga

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul, Drs Joko Surono mengaku sangat bangga atas prestasi yang ditorehkan pelajar berkebutuhan khusus asal Bantul di ajang ini.

Selain membanggakan karena juara umum, prestasi atlet Bantul juga melebihi raihan Peparpeda tahun lalu.

"Prestasi di Peparpeda tahun ini sangat membanggakan kami selaku instansi pembina di Kabupaten Bantul. Selain mampu mempertahankan gelar juara umum, prestasi yang berhasil diraih atlet-atlet kami di Peparpeda kali ini juga mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun lalu. Tahun lalu, kami meraih 6 emas, sedangkan tahun ini naik jadi 9 emas," kata Joko.

Baca: Jelang Porda dan Peparda DIY 2019, Pemkot Yogyakarta Termotivasi Asian Games dan Asian Paragames

Atas capaian ini, Joko berterimakasih kepada seluruh atlet dan pelatih serta ofisial yang sudah secara maksimal memberikan kemampuan terbaiknya untuk mewujudkan prestasi terbaik bagi daerahnya.

"Tahun ini kami memberangkatkan 25 atlet terbaik hasil seleksi yang kami laksanakan sebelumnya. Saat tanding, atlet-atlet kami didampingi 11 ofisial yang membimbing mereka hingga meraih prestasi," imbuhnya.

Sementara itu Kasi Olahraga, Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul, Marsinem menambahkan 9 medali emas yang berhasil direbut Bantul pada Peparpeda tahun ini diantaranya disumbang dari cabor, atletik dengan 4 emas, ditambah dari 3 emas dari tenis meja dan 2 emas dari bulutangkis.

"Sejak awal kami bertekad untuk bisa menyandingkan gelar juara umum kelompok pelajar di DIY. Setelah kemarin mampu menjuarai Popda DIY, kami ingin lanjut juara umum Peparpeda DIY dan Alhamdulillah dapat terwujud. Ini sangat membanggakan bagi kami karena mampu mehyandingkan juara Popda dan Peparpeda 5 tahun berturut-turut," kata Marsinem.

Adapun pada ajang ini, Gunungkidul bertengger diperingkat kedua klasemen akhir mencatatkan 3 medali emas, 1 perak dan 5 perunggu.

Disusul kontingen Kota Yogyakarta dengan raihan 2 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu pada posisi ketiga, kemudian Sleman dengan 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu di posisi keempat, dan Kulonprogo di peringkat kelima dengan 3 perak dan 1 perunggu.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved