Semua Hal Tentang Aplikasi Samsat Online Nasional, Bayar Pajak Tahunan Lewat Aplikasi Android

Pemilik kendaraan bermotor di seluruh Indonesia, bisa menikmati layanan Samsat Online Nasional ( e-Samsat)

Semua Hal Tentang Aplikasi Samsat Online Nasional, Bayar Pajak Tahunan Lewat Aplikasi Android
Google Play
Aplikasi Samsat Online Nasional 

Semua Hal Tentang Aplikasi Samsat Online Nasional, Bayar Pajak Tahunan Lewat Aplikasi Android

TRIBUNJOGJA.com - Pemilik kendaraan bermotor di seluruh Indonesia, bisa menikmati layanan Samsat Online Nasional ( e-Samsat). Jadi, ketika membayar pajak mobil atau sepeda motor tidak perlu lagi datang langsung ke Samsat.

Para wajib pajak bisa membayar melalui aplikasi berbasis mobile. Namun, layanan tersebut hanya untuk pembayaran pajak kendaraan tahunan.

"Kalau lima tahunan itu tidak bisa, karena harus cek fisik, ambil pelat nomor dan lain sebagainya. Jadi Samsat Online Nasional itu hanya untuk yang pajak tahunan saja," ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (9/4/2019) sore.

Terobosan itu, lanjut Jenderal Polisi Bintang Dua itu sudah sangat membantu masyarakat dalam menjalankan kewajibannya membayar pajak kendaraan. Sebab, tidak perlu lagi datang ke Samsat untuk pengesahan dan lain sebagainya.

"Jadi karena kita sudah bekerjasama dengan instansi terkait, termasuk Pos Indonesia, maka nanti surat-suratnya akan dikirim langsung via Pos. Itu sangat memudahkan masyarakat sekali, dan mendapatkan apresiasi tinggi dari masyarakat," kata Refdi.

Dia berharap, para pemilik mobil atau motor di seluruh Indonesia tidak ada alasan untuk membayar pajak. Sebab, semakin hari selalu dipermudah atau dibuat ringkas.

Adapun aplikasi Samsat Online Nasional dapat diunduh di Google PlayStore melalui tautan ini.

Dalam rinciannya, disebutkan bahwa Samsat Online Nasional ini merupakan layanan jaringan elektronik yang diselenggarakan Tim Pembina Samsat Nasional berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor, SWDKLLJ, dan PNBP Pengesahan STNK yang dapat dilakukan secara Nasional melalui aplikasi layanan mobile.

Daerah administrasi/hukum pemberlakuan lingkup pelayanan Samsat Online Nasional yang dapat diakses adalah seluruh Samsat di wilayah Provinsi yang ada di Indonesia. Sistem pelayanan Samsat Online Nasional ini hanya melayani Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tahunan SWDKLLJ dan PNBP Pengesahan STNK.

Halaman
12
Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved