Yogyakarta

Jelang PON 2020, KONI Kabupaten-Kota Diharap Ikut Andil Berangkatkan Atlet Mandiri

Jelang PON 2020, KONI Kabupaten-Kota Diharap Ikut Andil Berangkatkan Atlet Mandiri

Jelang PON 2020, KONI Kabupaten-Kota Diharap Ikut Andil Berangkatkan Atlet Mandiri
internet
KONI DIY 

TRIBUNJOGJA.COM - Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua tahun 2020 mendatang, KONI DIY mulai memutar otak untuk memberangkatkan kontingennya.

Bukan tanpa sebab tentunya, keterbatasan dana membuat berbagai upaya harus dilakukan.

Seperti diketahui bersama, KONI DIY telah membuat ketetapan, dimana atlet yang diberangkatkan dengan dana APBD, hanyalah yang menempati peringkat 1-3 dalam Pra-PON tingkat nasional, maupun peringkat satu dalam kualifikasi berformat wilayah.

Ketua Umum (Ketum) KONI DIY, Djoko Pekik Irianto menjelaskan, atlet-atlet yang gagal menempati tiga besar dalam Pra-PON, harus berbesar hari berangkat secara mandiri. Sampai sejauh ini, beberapa Pengda pun sudah menyanggupi hal tersebut.

Baca: Kandaskan Wakil Taiwan, Ginting Ikuti Jejak Jonatan Christie Tembus Babak Kedua Singapore Open 2019

"Contohnya basket, mereka akan ikut Pra-PON, lalu dari PB-nya ada klausul, andai lolos, wajib ikut. Dalam artian, harus berangkat. Mereka pun siap, kalau misal lolosnya peringkat empat atau lebih, tetap berangkat secara mandiri," katanya.

Mengenai skema pemberangkatan atlet secara mandiri tersebut, KONI DIY tengah menjalin negosiasi dengan KONI Kabupaten dan Kota, untuk membantu perihal anggaran. Seandainya terjalin kesepakatan, maka akan sangat meringankan beban Pengda.

"Sedang coba negosiasi, apakah yang mandiri nanti bisa dibantu oleh KONI Kabupaten-Kota. Misal voli ya, atlet ada 12, ternyata dari Kota ada lima, Gunungkidul ada satu, lalu Kulonprogo berapa. Nah, itu bisa tidak dibiayai mereka," cetusnya.

"Sehingga, kalau nanti bisa, tentu akan meringankan beban Pengda yang atletnya lolos di bawah peringkat tiga. Itu lah yang kita harapkan," tambah Djoko.(tribunjogja)

Penulis: aka
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved