Gunungkidul

THL Tak Dapat Menuntut Diangkat Jadi PNS

Drajat mengatakan pada kesempatan ini pihaknya memberikan kuota khusus untuk para atlet daerah yang memiliki prestasi.

THL Tak Dapat Menuntut Diangkat Jadi PNS
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Tenaga Harian Lepas (THL) yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tak dapat menuntut untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Gunungkidul.

Hal tersebut diutarakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Rumah Tangga, Sekretariat Daerah Gunungkidul Anik Indarwati, Selasa (9/4/2019).

"Pegawai kontrak hanya bisa diperpanjang masa kerjanya jika memang mempunyai kinerja yang baik. Kinerja THL tiap tahunnya akan dievaluasi dan jika memang kinerjanya memuaskan maka bisa diperpanjang," ujarnya.

Baca: Sekda Gunungkidul Pastikan Tidak Ada Praktik Nepotisme pada Rekrutmen THL

Ia menambahkan saat ini pihaknya sedang melakukan seleksi untuk penerimaan THL dengan membuka formasi sebanyak 72 formasi yang tersebar di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Gunungkidul.

"Saatt ini penerimaan THL dalam tahap tes kompetensi bidang, tiap-tiap THL memiliki jumlah THL yang berbeda-beda yang jelas keberadaan THL sangat membantu kinerja karena kurangnya jumlah PNS di PEmkab Gunungkidul," paparnya.

Pernyataan tak jauh berbeda juga diutarakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, Drajat Ruswandono menurutnya dalam melakukan perekrutan sudah ada klausul untuk tidak menuntut diangkat menjadi PNS.

Baca: Moratorium Penerimaan THL di Kota Magelang untuk Hemat Anggaran

"Kalau memang ingin menjadi PNS memang harus melalui jalur CPNS tidak bisa melalui jalur lainnya selain itu," imbuhnya.

Drajat mengatakan pada kesempatan ini pihaknya memberikan kuota khusus untuk para atlet daerah yang memiliki prestasi.

Hal tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang telah diraih oleh seorang atlet.

Terpisah, Kepala Bidang Formasi Pengembangan Data Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan, dan Pelatihan Reni Linawati mengatakan saat pendaftaran THL dibuka ada sebanyak 1.161 pelamar yang berminat untuk mengisi 72 formasi THL.

Namun dalam tes kemampuan dasar tidak semua hadir tes hanya diikuti oleh 871 pelamar.

"Tes kemampuan dasar sudah selesai dan tes akan dilanjutkan dengan tes kemampuan bidang di dalam tes kami akan berkoordinnasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendapatkan jatah untuk rekrutmen THL," pungkasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved