Kamera UV Ungkap Jenis Tabir Surya Terbaik untuk Mencegah Paparan Matahari

Namun tak banyak yang tahu cara terbaik menerapkan tabir surya bagi kulit kita terutama pada bagian wajah.

Kamera UV Ungkap Jenis Tabir Surya Terbaik untuk Mencegah Paparan Matahari
Youtube: Gizmodo
Jessica Boddy saat melakukan eksperimen menggunakan berbagai jenis tabir surya menggunakan kamera UV. 

Radiasi sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan bisa membahayakan kulit kita. Paparan sinar UV yang berlebihan akan merusak materi genetik pada sel-sel kulit. Bila kerusakan ini terus berlanjut, pertumbuhan sel kulit menjadi tidak terkontrol dan memicu kulit terbakar, keriput hingga kanker kulit.

Apalagi bagi kita yang hidup di Indonesia, negara beriklim tropis. Intensitas sinar matahari di negara beriklim tropis  akan lebih tinggi, demikian juga dengan risiko terpapar sinar UV. Untuk mengurangi paparan sinar UV secara langsung, penggunaan tabir surya jamak dilakukan khususnya kaum hawa. Namun tak banyak yang tahu cara terbaik menerapkan tabir surya bagi kulit kita terutama pada bagian wajah.

Nah, Jessica Boddy seorang penulis channel Gizmodo dalam akun Youtube Gizmodo mengungkap hasil penerapan tabir surya menggunakan kamera UV di bawah terik matahari. Di channel-nya itu, Jessica Boddy mengaplikasikan jenis-jenis tabir surya yang diproduksi oleh produsen kosmetik di antaranya yang berbentuk lotion, sticks, powder maupun spray.

"Meskipun produk  ini sudah melalui tes lab, untuk memastikan jenis-jenis tabir surya ini bisa mencegah sinar UV sayangnya produsen tidak semuanya menjelaskan pada konsumen berapa banyak penggunaan tabir surya ini. Mereka hanya mengatakan gunakan sesukamu, lalu apa maksudnya," jelas Jessica. "Apa bedanya jika kita pakai jenis SPV berbentuk stick, lotion atau spray?," lanjutnya.

Lalu jenis tabir surya manakah yang paling efektif untuk menangkal paparan tabir surya? Ia pun melakukan percobaan mengaplikasikan jenis-jenis tabir surya menggunakan kamera UV di bawah terik matahari.

1. Tabir Surya Bentuk Stick
Setelah Jessica mengaplikasikan tabir surya jenis stick, hasilnya tampak solid dan lebih merata melindungi kulit hidungnya.
Karena kamera jenis UV menyerap sinar UV, maka tabir surya yang diaplikasikan ke wajah akan berwarna lebih hitam. Menurut  dia SPF jenis stik lebih bisa melindungi kulit dari paparan UV.

2. Tabir Surya Bentuk Bedak Bubuk (powder)
Ahli kulit menyebut kita tak bisa mengandalkan SPF yang dikandung oleh produk makeup saja. Namun kini sudah ada tabir surya  yang diproduksi dalam bentuk powder. Dan saat Jessica mencoba mengaplikasikan produk SPF bentuk powder ke wajahnya  hasilnya kurang efektif (wajah di kamera UV tidak tampak menghitam) dan terlihat kurang bisa menutupi kulit dari paparan sinar UV.

3. Tabir Surya Bentuk Spray (semprotan)
Penyemprotan tabir surya bentuk spray saat diaplikasikan dan direkam menggunakan kamera UV, hasilnya pun menurut dia  kurang sempurna karena tabir surya tidak teraplikasikan dengan merata, tak seperti lotion. Dan dari kamera UV terlihat SPF  jenis spray kurang efektif menangkal paparan UV.

4. Tabir Surya Jenis Lotion
Saat tabir surya jenis lotion diaplikasikan di wajah, hasilnya sama dengan jenis stick. Di wajah, tabir surya jenis lotion  terlihat solid dan hitam di wajah yang artinya bisa menutupi kulit dari paparan sinar UV langsung.

5. Lip Balm dengan SPF 30
Untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari langsung dan mencegah bibir menghitam kena UV, ia pun mengaplikasikan  sebuah lip balm dengan SPF 30 dan hasilnya bibir Jessica tampak menghitam yang artiya lip balm itu cukup efektif menangkal paparan UV.

Nah kalian, lebih suka jenis tabir surya yang mana?

Penulis: Rina Eviana
Editor: Rina Eviana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved