Runway NYIA Belum Sempurna, Kementerian Perhubungan Beri 7 Poin Mandatory

Runway NYIA dinilai Kementerian Perhubungan belum sepenuhnya rampung untuk memasuki tahap pengoperasian.

Runway NYIA Belum Sempurna, Kementerian Perhubungan Beri 7 Poin Mandatory
Tribun Jogja/ Singgih Wahyu Nugraha
Sejumlah pekerja tengah mengebut pengerjaan bangunan terminal penumpang New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo, Rabu (13/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Landasan pacu (runway) New Yogyakarta International Airport (NYIA) dinilai Kementerian Perhubungan belum sepenuhnya rampung untuk memasuki tahap pengoperasian.

Ada sekitar tujuh poin temuan bersifat mandatory (perintah) dari hasil verifikasi kelayakan bandara itu di pekan lalu yang harus disempurnakan PT Angkasa Pura I sebelum bisa masuk ke tahap operasi minimum.

Project Manager Pembangunan NYIA PT AP I, Taochid Purnama Hadi mengakui adanya temuan hasil verifikasi tersebut dan bersifat mandatory, terutama soal kelengkapan airside dan perlunya dilakukan ujicoba sebelum dioperasikan.

Baca: 8 Langkah Mudah Quick and Fresh Make Up Look dari Emina Cosmetics

Di antaranya soal penyelesaian runway light (tata lampu landasan pacu), pengecatan marka, dan beberapa hal lain yang ia kurang hapal.

Namun begitu, menurutnya hal itu tidak menjadi masalah karena beberapa temuan itu memang dalam tahap pengerjaan oleh AP I.

Pihaknya akan segera menindaklanjuti temuan dari hasil verifikasi tersebut.

"Target penyelesaian seluruhnya tanggal 13 April. Mudah-mudahan ngga ada kendala cuaca. Kami sedang mengejar target dengan meningkatkan produktivitas. Jika hujan turun, otomatis akan menurunkan produktivitas," jelas Taochid, Minggu (7/4/2019).

Tanggal tersebut menurutnya adalah target internal AP I untuk mengejar beberapa pekerjaan lain yang harus dilakukan sebelum operasi penerbangan internasional di bandara baru itu dilakukan.

Adapun progres pembangunan NYIA secara keseluruhan untuk operasi penuh di akhir 2019 ini sudah mencapai sekitar 48-49 persen.

Baca: Bandara Baru NYIA Kulonprogo Bakal Berganti Nama Menjadi YIA

Setelah semua temuan itu diselesaikan pekerjaan dan perbaikannya, AP I berikutnya akan melaporkan tindaklanjutnya.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved