Kota Yogyakarta

Jadi Salah Satu Tugas TNI, Koramil Gondokusuman Tekankan Program Jaga Warga

Hal ini menyikapi dikeluarkannya Peraturan Gubernur (pergub) DIY Nomor 9 tahun 2015 tentang Jaga Warga.

Jadi Salah Satu Tugas TNI, Koramil Gondokusuman Tekankan Program Jaga Warga
Dok Koramil
Wadanramil Gondokusuman, Kapten inf Surono bersama beberapa narasumber saat memaparkan sosialisasi kepada masyarakat dalam acara Sosialisasi Peraturan Gebernur Daerah Istimewa Yogyakarta nomor 9 tahun 2015 tentang Jaga Warga, di Balai Pertemuan Gotong Royong, Gondokusuman, Jumat (5/4/2019) lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Program Jaga Warga yang dikeluarkan oleh Gubernur DIY menjadi salah satu tanggung jawab dan tugas personel TNI.

Hal ini menyikapi dikeluarkannya Peraturan Gubernur (pergub) DIY Nomor 9 tahun 2015 tentang Jaga Warga.

Oleh karenanya, Wadanramil Gondokusuman, Kapten inf Surono menekankan pentingnya program Jaga Warga bagi masyarakat.

Hal ini ia kemukakan dalam acara Sosialisasi Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta nomor 9 tahun 2015 tentang Jaga Warga, di Balai Pertemuan Gotong Royong, Gondokusuman, Jumat (5/4/2019) lalu.

Surono menjelaskan, Program Jaga warga merupakan salah satu upaya menjaga keamanan, ketenteraman, ketertiban, dan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat oleh sekelompok orang dengan membentuk lembaga jaga warga atau dengan mengoptimalkan pranata sosial yang sudah ada.

Baca: Jaga Warga Efektif Pelihara Ketertiban Sosial

"Jaga warga dikelola berasaskan kebersamaan, sukarela, kearifan lokal, swadaya, swakarsa, dan partisipasi," bebernya.

Dihadiri oleh Jajaran Muspika Kecamatan Gondokusuman, Lurah, Perangkat Kampung, anggota Linmas, Perwakilan Pemuda, serta tokoh masyarakat Kampung Terban, Surono dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa fungsi dari Jaga Warga yaitu untuk penanganan dan penyelesaian gangguan sosial dalam kehidupan masyarakat atau warga agar tercapai keselarasan dan pencapaian tujuan ketenteraman dan kesejahteraan masyarakat.

Adapun beberapa tugas dalam program tersebut, diantaranya untuk menjaga, menumbuhkan dan mengembangkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, membantu menciptakan keamanan, ketenteraman dan ketertiban di masyarakat serta membantu pihak berwenang dalam mengantisipasi dan menangani kerawanan sosial dan kebencanaan.

Baca: Petakan 10 Daerah Rawan Gangguan Kamtibmas, Satpol PP Sleman Bentuk Jaga Warga

Pihaknya berharap, dengan adanya sosialisasi kepada masyarakat ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya program tersebut untuk dijalankan bersama-sama masyarakat dan TNI serta jajaran lainnya.

"Dengan adanya sosialisasi ini diharapakan warga mengetahui maksud dan tujuan dibentuknya jaga warga sesuai Peraturan Gubernur DIY Nomor 9 tahun 2015 sehingga dapat segera dilaksanakan oleh warga masyarakat khususnya di daerah Kelurahan Terban Kecamatan Gondokusuman," harapnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved