Kesehatan

Anak Usia Balita Rentan Terkena Infeksi Saluran Pernapasan dan Diare

Saat anak berusia di bawah lima tahun (balita), ada banyak tantangan penyakit yang mungkin bisa mengganggu.

Anak Usia Balita Rentan Terkena Infeksi Saluran Pernapasan dan Diare
dispatch.co.kr
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Saat anak berusia di bawah lima tahun (balita), ada banyak tantangan penyakit yang mungkin bisa mengganggu.

Dokter Spesialis Gizi RS Indriati Solo Baru dr Ayu Kusuma Dewi MSi SpGK menuturkan, beberapa penyakit yang rentan pada usia 1 - 4 tahun yakni infeksi saluran pernapasan dan diare.

Hasil Riskesdas dan Penelitian Pengembangan Departenen Kesehatan RI tahun 2013 menunjukkan 41.9 persen anak Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pernafasan dan 12.2 persen anak masih sering terkena diare.

Baca: Tersedak Sepotong Apel, Balita Ini Alami Kerusakan Otak dan Lumpuh

"Kalau infeksi sering berulang akan menghambat tumbuh kembang pada anak," ujarnya Sabtu (6/4/2019).

Oleh karena itu, anak harus mendapatkan nutrisi dan perlindungan tepat dan ekstra dengan mencukupi kebutuhan kalori khsususnya nutrisi perlindungan pada anak.

Nutrisi perlindungan pada anak bisa dilakukan dengan memberikan asupan probiotik yakni bakteri Lactobacillus Rhamnosus dan asupan prebiotik yakni inulin.

Baca: 7 Persen Balita di Yogyakarta Belum Memiliki Akta Kelahiran

Untuk menghindari anak agar terlalu sering terpapar penyakit, maka penuhi kebutuhan dengan memberikan perlindungan anak lewat makanan  yang mengandung prebiotik dan probiotik

Makanan yang mengandung prebiotik seperti asparagus, bawang putih,kacang-kacangan, gandum, kentang, ubi jalar, pisang, apel, jeruk

Sedangkan makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt, keju, tempe.

"Makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernafasan, saluran pencernaan dan pernafasan lebih kuat dan meningkatkan daya tahan tubuh," ujarnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved