Rumah Zakat Beri Bantuan Usaha Kelompok Ternak Amanah Di Desa Tirtomulyo

Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdaya Tirtomulyo kembali memberikan modal usaha bagi anggota Kelompok Ternak Kambing Amanah

Rumah Zakat Beri Bantuan Usaha Kelompok Ternak Amanah Di Desa Tirtomulyo
ist
Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdaya Tirtomulyo kembali memberikan modal usaha bagi anggota Kelompok Ternak Kambing Amanah 

TRIBUNJOGJA.COM - Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdaya Tirtomulyo kembali memberikan modal usaha bagi anggota Kelompok Ternak Kambing Amanah.

Kelompok Ternak kambing Amanah berlokasi di Dusun Jetis, Desa Tirtomulyo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

Sudah sekitar dua tahunan ini Rumah Zakat melakukan intervensi dan pendampingan di kelompok ternak ini.

Serah terima dilaksanakan di rumah salah satu anggotak kelompok yang diterima oleh Parjan selaku ketua Kelompok Ternak Amanah

Sutikno sebagi Fasilitator desa Berdaya Tirtomulyo memaparkan bahwa ternak merupakan  pendukung perekonomian warga.

Ternak kambing memang menjadi salah satu alternatif yang paling populer di Desa Tirtomulyo. Terbukti dengan banyaknya warga masyarakat yang memelihara ternak kambing.  

“Di dusun kami saja terdapat 15 warga yang memelihara kambing dengan 10 orang yang masih aktif tergabung di kelompok ternak kambing Amanah”, ujar sutikno menjelaskan.

Dengan adanya tambahan  kambing dari Rumah Zakat ini, Kelompok Ternak Kambing Amanah kembali merekrut anggota baru sebanyak empat orang dengan masing-masing mendapat satu ekor kambing betina.

Penerima manfaat kambing ternak tersebut ialah Tugiman, Ngudi, Mulyo Suwarno serta Sunarjo. Masing-masing penerima manfaat ini nantinya harus mengikuti dan menaati  ketentuan dan kebijakan dari Kelompok Ternak

“Kami mengharapkan, dengan adanya pendampingan dari Rumah Zakat dapat meningkatkan kekompakan dan  kesejahteraan ekonomi anggota kelompok ternak Amanah yang sudah berlangsung dari tahun 2011 karena dengan meningkatnya permintaan kambing konsumsi dan juga harga ternak kambing yang relatif stabil setiap tahunya tentu menjadikan komoditas ternak kambing ini mempunyai potensi ekonomi yang bagus bagi anggota” ujar Parjan mewakili anggota kelompok.

Sebelumnya Rumah Zakat juga telah memberikan bantuan mesin pencacah rumput bagi kelompok ini.

“Kami sangat terbantu dengan adanya alat pencacah rumput dari Rumah Zakat, ini akan mempermudah dalam memberikan persediaan pakan untuk ternak. Karena untuk saat ini pakan ternak kambing di desa Tirtomulyo sangat tergantung dari rumput sawah sebagai mkanan pokok ternak disamping juga dengan memberikan komboran berupa dedak untuk ternak, tapi disaat musim kemarau sering kali beberapa peternak kesulitan memenuhi kebutuhan pakan rumput untuk ternak,” tambah sukimin sebagai anggota kelompok ternak menjelaskan. (adv)

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved