Kota Yogyakarta

Jogja Bike Masih Gratis

Hingga saat ini, Rida mengatakan bahwa seluruh warga dan wisatawan yang menggunakan Jogja Bike masih tak dipungut biaya alias gratis.

Jogja Bike Masih Gratis
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Perwakilan Bappenas, Tim Penilai Independen PPD tingkat Nasional tahun 2019, serta Pejabat Pemerintah Kota Yogyakarta ketika hendak berangkat menyusuri Malioboro menggunakan Jogja Bike, Jumat (5/4/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Deputi CEO Jogja Bike, Rida N Azizah mengatakan bahwa saat ini total sepeda Jogja Bike adalah 200-250 unit dengan jumlah pengunduh aplikasi Jogja Bike sebanyak 20.000 orang dan yang telah menggunakan Jogja bike hingga saat ini adalah 16.800 orang.

"Targetnya hingga akhir tahun ada 1.000-2.000 unit Jogja Bike," ujarnya, Jumat (5/4/2019).

Selain menambah jumlah sepeda, pihaknya juga akan menambah shelter Jogja Bike untuk mempermudah wisatawan mengakses sepeda tersebut.

Titik-titik shelter baru akan difokuskan di depan hotel yang ada di Kawasan Malioboro dan sekitarnya.

"Shelter akan terus kami tambah. Kami menginginkam support pelaku wisata terutama hotel dan beberapa sudah bersedia misalkan Inna Garuda, Unisi, Ibis, 101, dan hotel lain," sebutnya.

Baca: Tim Penilai PPD 2019 Coba Jogja Bike

Rida menuturkan, bahwa sejauh ini tidak ada kendala serius terkait operasional Jogja Bike.

Ia menyebut sejak lima bulan beroperasi, hanya beberapa kali terdapat kendala di lapangan yakni mulai sepeda yang tak terparkir di shelter karena pengguna dinilai bingung memparkir sepeda, hingga rantai sepeda yang copot.

"Tapi kalau sampai hilang, belum dan jangan sampai ada. Kalau untuk penggunaan sepeda terjauh ada di kisaran 7 Km dari shelter ia pertama pakai sepeda," ungkapnya.

Hingga saat ini, Rida mengatakan bahwa seluruh warga dan wisatawan yang menggunakan Jogja Bike masih tak dipungut biaya alias gratis.

Meski enggan menyebut kapan dan berapa tarif yang akan dipatok nanti, ia mengajak wisatawan untuk beramai-ramai merasakan destinasi baru Kota Yogyakarta tersebut.

"Gratisnya akan kami perpanjang sampai beberapa saat ke depan. Belum ditentukan waktunya," ucapnya.

Baca: Ribuan Gudeg Gratis Dibagikan di Malioboro Yogyakarta

Disinggung mengenai masukan Tim Penilai Independen Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Nasional 2019 agar sepeda yang disediakan dilengkapi dengan helm, Rida mengucapkan terimakasih atas masukan tersebut.

"Selama ini memang sudah masuk ke wacana kami tentang perlengkapan sepeda. Tentunya nanti juga didukung dengan fasilitas yang ada," pungkas Rida.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved