Fakta Baru! Hasil Penelitian Menyebutkan Ternyata Kucing Tahu dan Mengenali Namanya

Hewan peliharaan kucing mampu mengetahui dan mengenali nama yang diberikan oleh sang pemilik.

Fakta Baru! Hasil Penelitian Menyebutkan Ternyata Kucing Tahu dan Mengenali Namanya
Discovery
Kucing 

TRIBUNJOGJA.COM - Fakta bahwa kucing merupakan hewan yang cerdas telah terbukti melalui sebuah penelitian dari Universitas Sophia Jepang.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa hewan peliharaan kucing mampu mengetahui dan mengenali nama yang diberikan oleh sang pemilik.

Bahkan penelitian itu mengklaim kucing dapat membedakan kata-kata lain yang mirip saat diucapkan oleh pemiliknya maupun orang lain.

Baca: Ryan, Bocah 7 Tahun yang Berpenghasilan Rp312 Miliar per Tahun dari YouTube

DIlansir Tribunjogja.com melalui Mashable.com, fakta tersebut didapat dari sebuah penelitian pada 78 kucing rumah tangga dan kafe, para peneliti melacak cara kucing dalam menanggapi nama mereka.

Penelitian tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Reports, dimungkinkan melalui beberapa tes yang dilakukan Saito dan timnya dengan membacakan serangkaian kata-kata yang mirip dengan nama kucing itu.

Mereka melacak gerakan telinga, kepala, dan ekor serta respon terhadap orang yang berbicara.

“Banyak pemilik kucing tahu bahwa kucing memahami nama mereka sendiri,” kata Atsuko Saito, dari Departemen Psikologi Universitas Sophia.

“Namun, tidak ada bukti ilmiah tentang kemampuan itu. Dan orang-orang yang tidak memiliki pengalaman memelihara kucing tidak tahu tentang kemampuan kognitif kucing yang tinggi.

“Mereka sepertinya menghubungkan nama mereka dengan beberapa hadiah atau hukuman. Ini adalah kemampuan belajar alami dan umum pada hewan, ” ungkap Saito, yang merupakan penulis utama penelitian ini.

Baca: Perempuan Hidup Lebih Lama daripada Pria, Ini Penjelasan WHO

Berdasarkan penelitian mereka, kucing kafe tidak se mahir kucing rumah untuk membedakan nama mereka.

Saito mengamati bahwa ini bisa jadi karena fakta bahwa mereka mendengar nama mereka diucapkan beberapa kali sehingga mereka memutuskan untuk mengaitkan nama-nama itu dengan hadiah atau hukuman.

(*/tribunjogja.com)

Penulis: Hanin Fitria
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved