Kota Yogyakarta

Bappenas Lakukan Verifikasi Lapangan PPD 2019 di Kota Yogyakarta

Taufik menambahkan, tahapan verifikasi lapangan ini baru dilakukan pada tahun ini. Sebelumnya tahapan tersebut tidak ada.

Bappenas Lakukan Verifikasi Lapangan PPD 2019 di Kota Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Perwakilan Bappenas saat melakukan verifikasi lapangan di Kota Yogyakarta yang didampingi Wakil Wali Kota Yogyakarta, di Ruang Yudhistira, Kamis (4/4/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tim Penilai Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Nasional 2019 melakukan verifikasi dan kunjungan lapangan di Kota Yogyakarta.

Hal ini dilakukan karena Pemerintah Kota Yogyakarta telah berhasil melalui berbagai tahapan hingga masuk dalam tahap terakhir PPD 2019 hingga akhirnya muncul nilai secara keseluruhan.

Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Taufik Hanafi menjelaskan bahwa tim penilai melakukan verifikasi kunjungan lapangan adalah mendalami lagi proses penyusunan dokumen rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) 2019 dan pencapian sasaran pembangunan di Kota Yogya serta memahami lebih dalam terkait inovasi yang dilakukan.

"Kami tim penilai akan meninjau ke lapangan dan melihat bagaimana pencapaian pembangunan dan inovasi. Ini yang sedang kita lakukan," ungkapnya, dalam forum, Kamis (4/4/2019).

Baca: Kajian Bappenas Belum Rampung, Revitalisasi Malioboro Tertunda

Ia menuturkan bahwa ada beberapa tahapan yang harus dilalui daerah untuk bisa lolos ke tahap verifikasi ini.

Mulai dari dokumen, presentasi, wawancara, dan selanjutnya dipilih untuk bisa masuk tahap berikutnya.

"Dan Kota Yogya masuk ke tahap verifikasi dan kunjungan lapangan. Nanti, baik tim independen, utama, dan teknis akan melaukan finalisasi hasil penilaian. Ini dilakukan secara paralel di daerah lain," jelasnya.

Taufik menambahkan, tahapan verifikasi lapangan ini baru dilakukan pada tahun ini. Sebelumnya tahapan tersebut tidak ada.

"Hal baru di PPD 2019 ada sosialisasi secara masif ke kabupaten/kota, penilaian kabupaten/kota dilakukan visit ke lapangan yang tahun sebelumnya belum melakukan ini," ujarnya.

Baca: BKPPD Gunungkidul Masih Tunggu informasi Resmi tentang CPNS 2019

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved