International Visitor Leadership Program

Kucing-kucingan Mencari Gorengan di Amerika

Namun lidah orang Indonesia yang telah terbiasa dengan sensasi rempah dan bumbu yang kuat bisa jadi menjerit bila bertemu dengan makanan

Kucing-kucingan Mencari Gorengan di Amerika
TRIBUNJOGJA.COM / Rento Ari Nugroho
Toko Pendawa di kawasan Morris Street di kota Philadelphia negara bagian Pennsylvania menjadi surga untuk pecinta makanan Indonesia karena nyaris seluruh produk yang dijual merupakan produk Indonesia. 

TRIBUNJOGJA.COM - Perbedaan selera makanan tak akan terlalu terasa untuk masyarakat yang tinggal di Indonesia karena kekayaan kulinernya.

Beragam jenis makanan mulai dari yang pedas, manis, asam, asin, hambar, hingga gurih pun dengan mudah ditemui.

Masalah timbul bila kita bepergian ke negara yang jauh dan memiliki ragam kuliner yang bisa dikatakan agak berbeda. Amerika misalnya.

Mengkonsumsi makanan yang biasa disantap masyarakat Amerika misalnya hotdog, burger, mashed potatoe bisa saja dilakukan.

Ragam sarapan yang disediakan di hotel di Washington DC berupa sosis panggang, mashed potatoes, dan taburan keju.
Ragam sarapan yang disediakan di hotel di Washington DC berupa sosis panggang, mashed potatoes, dan taburan keju. (TRIBUNJOGJA.COM / Rento Ari Nugroho)

Namun lidah orang Indonesia yang telah terbiasa dengan sensasi rempah dan bumbu yang kuat bisa jadi menjerit bila bertemu dengan makanan di atas yang kebanyakan memiliki cita rasa terutama yang tak terlalu kuat.

Solusinya? Tentu makanan Indonesia!

Hanya saja, mencari makanan Indonesia di tanah Amerika bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Meski cukup banyak warga Indonesia atau keturunan Indonesia yang berdiam di tanah Paman Sam, namun tak semua kota memiliki banyak komunitas warga asal Indonesia.

Alhasil, mencari makanan Indonesia tak semudah kelihatannya.

Baca: Tantangan Penerbangan Belasan Jam dari Jakarta ke Washington DC

Washington DC misalnya, rombongan International Visitor Leadership Program (IVLP) yang tinggal di sana selama sekitar sepekan tak kunjung menemukan restoran Indonesia yang pas dengan lokasi hotel dan rute kegiatan yang padat.

Halaman
1234
Penulis: toa
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved