Regional

Bawaslu Klaten Bawa Kasus Pembakaran Baliho Capres dan Cawapres 02 ke Gakkumdu

Bawaslu Klaten Bawa Kasus Pembakaran Baliho Capres dan Cawapres 02 ke Gakkumdu

Bawaslu Klaten Bawa Kasus Pembakaran Baliho Capres dan Cawapres 02 ke Gakkumdu
KOMPAS/HANDINING
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Bawaslu Kabupaten Klaten membawa kasus pembakaran baliho pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang terjadi di Desa Gadungan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (30/3/2019) ke pembahasan Gakkumdu.

"Kemarin kita sudah membawa (aksi pembakaran baliho) ke Gakkumdu. Kemudian (Gakkumdu) meminta terlapornya siapa, pelaku dan sebagainya, legal standing yang memasang, termasuk perizinan apakah yang memasang masuk tim yang didaftarkan resmi di KPU atau tidak dan sebagainya," kata Kadiv Hukum Data dan Informasi Bawaslu Klaten, Azib Triyanto dihubungi Kompas.com via telepon, Rabu (3/4/2019).

Selain membawanya ke Gakkumdu, jelas Azib, pihaknya juga melakukan investigasi di lapangan.

Pasalnya, aksi pembakaran baliho pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 tersebut diduga dilakukan oleh perorangan, tidak ada laporan resmi.

Meski tidak ada laporan resmi, Azib mengaku tetap memproses dan menindaklanjuti aksi pembakaran baliho capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga supaya tidak berkembang ke mana-mana.

Baca: RSJ Ghrasia Siap Menerima Caleg Gagal yang Stres

"Karena aksi itu sudah viral di medsos, supaya tidak berkembang ke mana-mana walaupun tidak ada laporan resmi, kami tetap menindaklanjuti dan memprosesnya," jelas dia.

Azib menyampaikan, baliho pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 yang diduga dibakar oleh perorangan itu berukuran 7x3 sentimeter.

Barang bukti baliho yang dibakar itu sudah dibawa untuk kepentingan penyelidikan di Gakkumdu.

"Pembakaran baliho ini baru pertama kali terjadi. Sebelumnya pernah ada laporan tetapi hanya perusakan baliho untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 di Karanganom. Tidak ada pelapornya juga karena kejadiannya saat itu malam hari," tambahnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bawaslu Bawa Kasus Pembakaran Baliho Prabowo-Sandiaga di Klaten ke Gakkumdu", https://regional.kompas.com/read/2019/04/03/22053691/bawaslu-bawa-kasus-pembakaran-baliho-prabowo-sandiaga-di-klaten-ke-gakkumdu.

Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved