International Visitor Leadership Program

Tantangan Penerbangan Belasan Jam dari Jakarta ke Washington DC

Rute keberangkatan kami dimulai dengan maskapai Japan Airlines (JAL) yang akan membawa kami dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju ke Tokyo

Tantangan Penerbangan Belasan Jam dari Jakarta ke Washington DC
TRIBUNJOGJA.COM / Rento Ari Nugroho
Rombongan International Visitor Leadership Program (IVLP) dari Indonesia ketika transit di bandara internasional O'Hare di Chicago, Amerika Serikat 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Apa kesamaan Indonesia dan Amerika Serikat?

Selain sama-sama sebagai negara yang memiliki wilayah cukup luas, ternyata ada beberapa kesamaan dalam kehidupan masyarakatnya.

Hal itulah yang dijumpai Tribun Jogja ketika berkesempatan mengikuti program International Visitor Leadership Program (IVLP) yang digelar oleh Departemen Luar Negeri (Department of State) Amerika Serikat.

Dalam program yang berlangsung selama 3 minggu mulai akhir September hingga pertengahan Oktober 2018 ini, sebanyak delapan orang dari berbagai daerah di Indonesia berkesempatan melihat secara lebih dekat kehidupan masyarakat Amerika.

Walaupun topik yang diambil bertemakan keamanan dalam perlindungan data di internet, namun banyak hal yang bisa diamati dan dipelajari dari Negeri Paman Sam; terutama tentang kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Dengan bentang wilayah yang sangat luas, tentunya masyarakat Amerika memiliki corak kehidupan yang unik, sesuai dengan kondisi wilayahnya.

Rombongan berangkat pada Sabtu 22 September 2018 dari Jakarta setelah sehari sebelumnya mendapatkan pengarahan dari Deplu AS di kantor Kedutaan Besar AS di Jakarta.

Meski topik yang diambil cukup berat, namun rombongan dipesan agar tidak terlalu terbebani dengan hal tersebut.

Sebaliknya, kami diminta untuk menikmati waktu-waktu baik dalam pertemuan resmi maupun perjalanan yang diambil sendiri untuk mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat di sana.

Baca: Penelitian Tanaman Lidah Mertua Bawa Mahasiswi UMY ke Amerika

Rute keberangkatan kami dimulai dengan maskapai Japan Airlines (JAL) yang akan membawa kami dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju ke Tokyo dalam penerbangan selama sekitar tujuh jam.

Halaman
1234
Penulis: toa
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved