Kota Yogyakarta

Perpustakaan Tetap Buka 20 jam

Ia pun menuturkan, jam pelayanan yang sebelumnya 14 jam menjadi 20 jam tersebut selaras dengan tema perpustakaan 2019 yakni memberikan pustaka inklusi

Perpustakaan Tetap Buka 20 jam
IST
Petugas perpustakaan kota yogyakarta saat menjalankan tugasnya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan bahwa operasional 2 perpustakaan Kota Yogyakarta yakni perpusatakaan pusat di Jalan Suroto dan Perpustakaan Alternatif Kota Yogyakarta (Pevita) di Jalan Mayjend Sutoyo, selama 20 jam dinilai efektif.

"Layanan 20 jam ini pada dasarnya memberikan kesempatan bagi masyarakat yang bila pada jam biasanya sedang kerja dan tidak bisa ke sini, malam harinya mereka bisa ke sini," bebernya, Selasa (2/4/2019).

Ia pun menuturkan, jam pelayanan yang sebelumnya 14 jam menjadi 20 jam tersebut selaras dengan tema perpustakaan 2019 yakni memberikan pustaka inklusi sosial untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca: Begini Prosedur Manfaatkan Layanan Antar Buku ke Rumah oleh Perpustakaan Kota Yogya

"Inklusi sosial artinya semua berhak mendapatkan layanan, baik yang bisa datang pada jam kerja atau di luar jam kerja. Baik yang sendiri atau yang tidak memiliki sarpras, maka kita yang harus mendatangi mereka," ujarnya.

Wahyu pun menuturkan, rata-rata angka kunjungan di perpustakaan pusat adalah 1.500-1.700 orang per hari sementara di Pevita yang baru diresmikan November 2018 lalu memiliki angka kunjungan 100-150 orang per hari.

"Evaluasi kami, kami akan tetap lanjut dengan pelayanan 20 jam ini, baik di Kotabaru maupun Pevita," tambanya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved