Regional

Butuh Proses Panjang, Pemulangan Anak Komodo ke NTT Harus Tunggu Tes DNA

Butuh Proses Panjang, Pemulangan Anak Komodo ke NTT Harus Tunggu Tes DNA

Butuh Proses Panjang, Pemulangan Anak Komodo ke NTT Harus Tunggu Tes DNA
KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL
Salah satu anak Komodo yang berhasil diselamatkan dari jaringan penjual Satwa Liar 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemulangan enam ekor anak komodo yang hendak di selundupkan ke luar negeri masih menunggu tes DNA hewan yang dilindungi tersebut.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT), masih melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait rencana pemulangan tersebut.

"Untuk proses pemulangan anak komodo, masih menunggu investigasi dari Polda Jawa Timur dan pihak terkait lainnya, termasuk juga tes DNA," ucap Kepala Biro Humas Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu, kepada sejumlah wartawan, di Kantor Gubernur NTT, Selasa (2/4/2019).

Baca: Sindikat Penjual Komodo Berhasil Jual 41 Ekor Hingga ke Luar Negeri, Harganya Rp500 Juta Per Ekor

Polda Jawa Timur, lanjut Marius, juga masih melakukan penyelidikan intensif untuk mengecek asal anak komodo itu.

Marius berharap, proses pemulangan komodo bisa secepatnya dan sudah ada permintaan dari Polda Jawa Timur, agar ada perwakilan dari pemerintah NTT untuk ada di Surabaya.

Untuk mekanisme pemulangan, kata Marius, pihaknya masih berkoorinasi lebih lanjut. Menurut Marius, bagi pemerintah Provinsi NTT, komodo yang berasal dari NTT itu harus segera dikembalikan.

Dan sesuai dengan arahan gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, bahwa, sejumlah negara yang membeli komodo secara ilegal, agar segera mengembalikan ke habitat aslinya.

Baca: Jika Ingin Anak Perempuan PH Istri Harus Suasana PH < 7, Tanggapan Dokter Spesialis Kandungan

"Mudah-mudahan, suara kami didengar oleh oknum yang sudah membeli komodo di manapun berada, baik di Singapura, Eropa, Amerika dan Australia, kami minta dengan hormat untuk segera kembalikan," ujar dia.

"Kami anggap oknum-oknum ini telah melakukan kejahatan lingkungan yang luar biasa," kata Marius lagi.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur mengungkap jaringan perdagangan satwa liar yang menyelundupkan 41 ekor komodo ke luar negeri.

"Yang jelas dikirim di tiga negara di wilayah Asia Tenggara melalui Singapura," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur Kombes Akhmad Yusep Gunawan kepada wartawan, Rabu (27/3/2019).(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemulangan 6 Ekor Anak Komodo ke NTT, Masih Tunggu Hasil Tes DNA", https://regional.kompas.com/read/2019/04/02/19263921/pemulangan-6-ekor-anak-komodo-ke-ntt-masih-tunggu-hasil-tes-dna.

Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved