Bisnis

Kemenhub RI Keluarkan Aturan Baru Tarif Tiket Pesawat, Tarif Batas Bawah Naik 5%

Polemik tingginya harga tiket pesawat membuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mengeluarkan dua aturan baru terkait tarif pesawat.

Kemenhub RI Keluarkan Aturan Baru Tarif Tiket Pesawat, Tarif Batas Bawah Naik 5%
WWLP.com
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Polemik tingginya harga tiket pesawat membuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mengeluarkan dua aturan baru terkait tarif pesawat.

Kedua aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Nomor 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri dan Keputusan Menteri (KM) Perhubungan Nomor 72 Tahun 2019 Tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hengki Angkasawan mengatakan, kedua aturan tersebut merupakan pembaruan dari PM 14 Tahun 2016 Tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga berjadwal Dalam Negeri.

Baca: 8 Langkah Mudah Quick and Fresh Make Up Look dari Emina Cosmetics

Hengki menjelaskan, mekanisme formula dan penetapan tarif batas atas dan tarif batas bawah yang semula berada dalam satu Peraturan Menteri (PM 14 tahun 2016), sekarang terpisah menjadi Peraturan Menteri dan Keputusan Menteri serta resmi berlaku pada Jumat (29/3) kemarin.

“Melalui KM yang baru ini, Dirjen Perhubungan Udara dapat melakukan evaluasi terhadap besaran tarif secara berkala setiap tiga bulan dan jika sewaktu-waktu terjadi perubahan signifikan yang mempengaruhi kelangsungan kegiatan badan usaha angkutan udara,” jelas Hengki dalam keterangan resmi yang diterima Tribunjogja.com, Sabtu (30/3/2019).

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono memastikan dalam aturan yang telah ditetapkan itu pihaknya masih memberlakukan kebijakan Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah seperti pada aturan sebelumnya.

Baca: Agen Travel Keluhkan Masih Mahalnya Tiket Pesawat Lion dan Garuda Grup

Namun, terdapat ketentuan baru bagi maskapai dalam menentukan besaran tarif pada setiap rute penerbangan.

"Dalam aturan yang baru ini tarif batas bawah ditetapkan sebesar 35% dari tarif batas atas," kata dia.

Sebagai gambaran, jika harga tiket penerbangan kelas ekonomi sebesar Rp1 juta, maskapai tidak boleh memasang tarif paling murah lebih rendah dari Rp350.000 (35%) setelah diterapkannya aturan ini.

Maskapai Turunkan Harga

Halaman
12
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved