Advertorial

DPRD DIY Dorong Sinergi Dinas Demi Turunkan Angka Pengangguran

Data Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, jumlah pengangguran terbuka di DIY pada Agustus 2018 mencapai 73.350 orang.

DPRD DIY Dorong Sinergi Dinas Demi Turunkan Angka Pengangguran
Tribun Jogja/Bramastyo Adhy
Kompleks Gedung DPRD DIY. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Data Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, jumlah pengangguran terbuka di DIY pada Agustus 2018 mencapai 73.350 orang.

Angka ini bertambah 7.745 orang dibanding keadaan Februari 2018 (65.605 orang), dan bertambah 9.331 orang (14,58 persen) jika dibanding keadaan Agustus 2017 (64.019 orang).

Lalu tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) DIY pada Agustus 2018 mencapai 3,35 persen atau mengalami kenaikan sebesar 0,29 persen poin dibandingkan TPT Februari 2018 (3.06 persen).

Jika angka tersebut dibandingkan dengan TPT Agustus 2017 (3,02 persen) mengalami kenaikan sebesar 0,33 persen poin.

Atas kondisi ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY berupaya mendorong penurunan angka pengangguran di wilayah DIY.

Salah satu cara yang kini sedang dilakukan adalah meminta dinas-dinas terkait memaksimalkan program yang berkaitan dengan upaya peningkatan produktifitas di kalangan usia produktif.

Baca: Lulusan SMK Dominasi Angka Pengangguran di DIY

“Upaya untuk menurunkan angka pengagguran ini mustahil bisa berjalan efektif jika dilakukan hanya oleh satu dinas saja. Banyak pihak yang punya tugas dan punya tanggung jawab mengurangi pengangguran di DIY. Semua program juga harus sinkron, artinya tidak berjalan sendiri-sendiri,” kata Ketua Komisi D DPRD DIY, Kuswanto.

Dijelaskan oleh Kuswanto, sekilas, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY memang punya peran strategis dalam upaya memberikan peluang penyediaan lapangan pekerjaan.

Termasuk, menjembatani antara penyedia pekerjaan di warga masyarakat pada umumnya.

Arahnya, tentu juga demi mereduksi jumlah pengangguran di DIY.

Halaman
12
Penulis: sus
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved