Jawa

Warga Kampung di Magelang Kompak Tolak Bagi-bagi Uang dari Caleg

Cara-cara warga untuk menolak politik uang diantaranya dengan bermusyawarah untuk tidak menerima money politics.

Warga Kampung di Magelang Kompak Tolak Bagi-bagi Uang dari Caleg
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Pemukulan kentongan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M Habib Shaleh dan jajaran komisioner Bawaslu; Kepala Desa Deyangan, Guritno dan jajarannya, simbol penolakan politik uang, Rabu (27/3) di Dusun Pandean, Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Warga Kampung Pandean, Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, kompak menyatakan sikap untuk menolak oknum-oknum termasuk para calon anggota legislatif yang ingin menawarkan uang agar dapat terpilih.

Mereka menolak segala jenis money politics pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019.

"Ini adalah aspirasi dari masyarakat. Mereka merasa tergugah, dan tak ingin memilih calon pemimpin yang harus menunggu dibayar atau diberi barang apapun. Kalau ada caleg ke sini datang membawa uang politik atau apapun istilahnya, agar mereka dapat dipilih, kami tolak," kata Kepala Desa Deyangan, Guritno pada Tribunjogja.com, Rabu (27/3/2019).

Cara-cara warga untuk menolak politik uang diantaranya dengan bermusyawarah untuk tidak menerima money politics.

Cara ini dimulai dari keluarga, kemudian warga melakukan pengawasan bersama di lingkungan dusun. Jika ada caleg datang membawa money politics, warga bersepakat langsung menolak.

"Kami bersepakat dahulu, mengawasi bersama-sama satu sama lain, tidak akan menerima kedatangan caleg yang membawa uang," kata Guritno.

Upaya lain adalah dengan memasang baliho anti politik uang.

Baliho tersebut bertuliskan 'Kampung Anti Money Politics- Menolak Politik Uang' dipasang di seluruh sudut lingkungan dusun.

"Baliho-baliho dipasang di setiap penjuru dusun, yang menegaskan untuk tak menerima uang dari caleg yang memberikan uang. Kampanye boleh saja, tapi tidak dengan cara-cara tersebut," ujar Guritno.

Halaman
123
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved