Sport

Jelang Porda dan Peparda DIY 2019, Pemkot Yogyakarta Termotivasi Asian Games dan Asian Paragames

Pemkot Yogyakarta menyatakan komitmennya untuk mengulang kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games2018 dan Asian Para Games 2018 silam.

Jelang Porda dan Peparda DIY 2019, Pemkot Yogyakarta Termotivasi Asian Games dan Asian Paragames
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam hitungan bulan, atau pada Oktober mendatang, Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY XV-2019 dan Pekan Paralympic Daerah (Peparda) II-2019, bakal digelar secara bersamaan, dengan Kota Yogyakarta sebagai tuan rumah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyatakan komitmennya untuk mengulang kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games2018 dan Asian Para Games 2018 silam.

Karena itu, persiapan matang pun telah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, dua multi sport event tingkat Asia tersebut, menjadi acuan bagi pihaknya, untuk kesuksesan Porda dan Peparda DIY mendatang.

Terlebih, dalam pagelaran tahun ini, keduanya digelar secara bersamaan.

"Kami akan jadikan kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games kemarin, sebagai acuan untuk Porda dan Peparda besok. Ya, kami ingin sukseskan dan meriahkan seperti dua kegiatan tersebut," katanya.

Haryadi menuturkan, kemeriahan penyelenggaraan yang dimaksud dalam Porda dan Peparda DIY, dapat dilihat melalui upacara pembukaan, lalu pelaksanaan rangkaian pertandingan, hingga kesiapan venue yang nantinya akan digunakan sebagai arena laga.

Baca: Target Sapu Bersih Emas di Porda DIY, Pengkot PTMSI Yogyakarta Pindahkan Venue Latihan

Akan tetapi, tambahnya, ia berharap, agar sebisa mungkin ketersediaan fasilitas untuk dua gelaran itu, bisa 100 persen.

Namun, dirinya tak menampik, untuk menyesuaikan standar Asian Games dan Asian Para Games akan sulit, lantaran fasilitasnya segaja direnovasi untuk tingkat internasional.

"Kalau venue, ya kesamaannya memang dalam kondisi tertentu. Tapi, kalau target kemeriahan, kami inginkan sama seperti Asian Games dan Asian Para Games," tambahnya.

Praktis, ia pun memastikan, upacara pembukaan dua ajang tersebut, juga akan dilangsungkan pada malam hari layaknya Asian Games dan Asian Para Games.

Baca: Target Juara Umum Porda DIY 2019, Pemkab Sleman Siap Tingkatkan Bonus Bagi Atlet Peraih Medali

Kemungkinan, agenda ini bakal dilangsungkan di Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta.

"Ya, jadi untuk pembukaan nanti, akan kami gelar malam hari. Tentu saja, bakal kami siapkan upacara pembukaan semeriah mungkin," cetus orang nomor satu di Kota Yogyakarta itu.

Namun, mengenai bonus yang akan digelontorkan bagi atlet-atlet yang sukses dalam pagelaran nanti, Haryadi mengaku belum bisa memberikan kepastian mengenai besarannya.

Menurutnya, hal tersebut masih perlu dibahas dengan pihak lainnya. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved