Kesehatan

Melanjutkan Kerja di Rumah Malah Bikin Susah Tidur

Lambat laun tanpa disadari, kombinasi stres fisik dan mental ini akan memengaruhi kesehatan tubuh hingga bertahun-tahun yang akan datang, kata para pe

Melanjutkan Kerja di Rumah Malah Bikin Susah Tidur
ruangmahasiswa
Lembur 

TRIBUNJOGJA.COM - Efek lembur di rumah malah semakin membuat kita susah tidur nyenyak.

Tidak percaya?

Untuk lebih meyakinkan agar kita menghentikan kebiasaan lembur, simak apa kata penelitian asal University of Zürich yang diterbitkan dalam Journal of Business and Psychology.

Setelah meng-kroscek data dan kebiasaan kerja dari hampir 2 ribu karyawan dari negara-negara berbahasa Jerman, ditemukan bahwa sekitar 50 persennya bekerja lebih dari 40 jam per minggu.

Baca: Bekerja Lembur Tidak Baik untuk Tubuh, Ini Alasannya

Setiap karyawan diminta mengisi survei online untuk menilai seberapa baik mereka mampu memisahkan hal-hal yang berbau pekerjaan dan kantor dari kehidupan pribadi mereka.

Misalnya, mereka ditanya apakah pernah memikirkan pekerjaan di akhir pekan, dan seberapa sering mereka bekerja di akhir pekan.

Mereka juga ditanya apakah mereka memberi waktu bagi diri sendiri untuk bersantai dan menikmati hobi atau bersosialisasi ketika tidak sedang kerja.

Hasilnya, orang-orang yang tidak mampu memisahkan antara waktu kerja dan kehidupan pribadi tampak lebih sering kelelahan dan lebih cepat stres.

Sebaliknya, orang-orang yang mampu memberi batasan tegas dan jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka bisa hidup lebih sejahtera.

Kenapa?

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved