Jawa

UNBK Hari Pertama, Dua Sekolah di Magelang Menumpang Ujian di Sekolah Lain

Perangkat yang dimiliki sudah lengkap, tetapi mereka belum memiliki akreditasi sehingga harus menempati ujian di sekolah lain.

UNBK Hari Pertama, Dua Sekolah di Magelang Menumpang Ujian di Sekolah Lain
Ist
Ilustrasi UNBK 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota dan Kabupaten Magelang masih menumpang tempat di sekolah lain untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019 tingkat SMK yang dilaksanakan Senin (25/3/2019) ini.

Perangkat yang dimiliki sudah lengkap, tetapi mereka belum memiliki akreditasi sehingga harus menempati ujian di sekolah lain.

"Ada dua SMK yakni SMK Muhammadiyah 1 Muntilan dan SMK Muhammadiyah 2 Borobudur. Menumpang dalam artian, hanya menumpang tempat. Perangkat mereka sendiri bawa dan lengkap. Ini karena akreditasi jurusan sekolah tersebut belum turun, sehingga diarahkan untuk melaksanakan UNBK di sekolah lain," kata Ketua Panitia UNBK SMA/MA/SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Prihestu Hartomo, Senin (25/3/2019) saat ditemui di kantornya di Komplek eks-Karesidenan Kedu.

Baca: Hari Pertama UNBK, Sejumlah SMK di DIY Mengalami Gangguan Saat Login

Kedua sekolah tersebut yakni SMK Muhammadiyah 1 Muntilan yang menumpang ujian di SMK Muhammadiyah Mungkid dan SMKN 2 Kota Magelang.

Satunya lagi yakni SMK Muhammadiyah 2 Borobudur yang menumpang di SMKN 3 Kota Magelang.

Prihestu sendiri mengatakan, pelaksanaan UNBK tahun ini dari Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Purworejo seluruhnya sudah menggunakan komputer.

Kecuali, sebagian SLB yang masih menggunakan sistem manual, karena teknis sekolah yang lebih mudah menggunakan kertas.

"Ada sebagian yang tidak menggunakan UNBK walaupun juga sebenarnya mampu, karena teknis peserta ujian saja yang berkebutuhan khusus, akhirnya menggunakan kertas dan pensil saja," katanya.

Baca: Mendikbud: Keterlambatan Proses Login Tak Pengaruhi Pelaksanaan UNBK

Peserta UNBK di Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Purworejo mencapi 19.290 siswa dari 18 SMK Negeri dan 112 SMK Swasta dengan rincian jumlah siswa laki-laki 11.063 dan 8.227 siswa perempuan.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved