Pendidikan

HMTG UGM Ajak Peringati Hari Air Sedunia Lewat Kegiatan Restorasi Mata Air

Di sepanjang Sungai Gajah Wong ada lebih dari 20 mata air dan sebagian besar hilang karena tertutup endapan sungai dan sampah.

HMTG UGM Ajak Peringati Hari Air Sedunia Lewat Kegiatan Restorasi Mata Air
IST
Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) UGM dan Ground Water Working Group (GWWG) mengadakan kegiatan “Restorasi Mata Air untuk Semua”. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) UGM dan Ground Water Working Group (GWWG) mengadakan kegiatan 'Restorasi Mata Air untuk Semua'.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap mata air yang meliputi bersih sampah disekitar sungai, restorasi mata air, serta penanaman bibit pohon disekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Gajah Wong.

Di sepanjang Sungai Gajah Wong ada lebih dari 20 mata air dan sebagian besar hilang karena tertutup endapan sungai dan sampah.

Baca: Peringati Hari Air Sedunia, Bupati Sleman Ajak Masyarakat Kelola Air dengan Baik

Kepala Departemen Teknik Geologi UGM, Heru Hendrayana mengatakan, dengan mengerahkan 175 relawan dari berbagi institusi dan pegiat lingkungan, Sendang Pari Kesit berhasil direstorasi dan sepanjang sungai ini berhasil dibersihkan.

"Melalui pemulihan mata air Sendang Pari Kesit yang berada di sungai Gajah Wong ini, diharapkan kesadaran masyarakat meningkat agar terus menjaga lingkungan dan mata air yang telah direstorasi dapat menjadi sumber air bersih bagi masyarakat sekitar," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Senin (25/3/2019).

Selain itu, kebersihan lingkungan dan air bersih dapat mendukung kesehatan Ibu dan anak untuk masa depan Indonesia.

Baca: Peringati Hari Air Sedunia, UKDW Ajak Mahasiswa dan Masyarakat Restorasi Mata Air di Sungai Winongo

Kegiatan ini berkolaborasi dengan PT Sarihusada Generasi Mahardika Danone Indonesia (PT. SGM), Danone-AQUA, BPDAS HL Serayu-Opak-Progo, Balai wilayah sungai, FKP DAS DIY, UKDW dan masyarakat yang tinggal di sekitar sungai Gajah Wong.

Security and Community Relations Manager, Sumadi menambahkan, PT SGM memiliki visi One Planet One Health yakni tubuh yang sehat datang dari lingkungan yang sehat juga.

Kegiatan ini merupakan momentum untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan akses air bersih bagi masyarakat.

"Kebersihan lingkungan harus berjalan bersamaan dengan pemenuhan nutrisi lengkap untuk mendukung kesehatan ibu dan anak," katanya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved