Jawa

Ratusan Masyarakat Berdoa Bersama di Puncak Gunung Tidar, untuk Indonesia dan Pemilu yang Damai

Mereka menggelar kenduri dan memanjatkan doa untuk kedamaian Indonesia, termasuk Pemilu Tahun 2019

Ratusan Masyarakat Berdoa Bersama di Puncak Gunung Tidar, untuk Indonesia dan Pemilu yang Damai
Istimewa
Ratusan masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Magelang ataupun Kota Magelang, berkumpul di puncak Gunung Tidar, Kota Magelang, Minggu (24/3). Mereka menggelar kenduri dan memanjatkan doa untuk kedamaian Indonesia, termasuk Pemilu Tahun 2019, agar dapat berjalan dengan damai, dan dapat membawa pemimpin yang amanah bagi rakyat. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Ratusan masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Magelang ataupun Kota Magelang, berkumpul di puncak Gunung Tidar, Kota Magelang, Minggu (24/3/2019).

Mereka menggelar kenduri dan memanjatkan doa untuk kedamaian Indonesia, termasuk Pemilu Tahun 2019, agar dapat berjalan dengan damai, dan dapat membawa pemimpin yang amanah bagi rakyat.

Acara dimulai dengan menyiram Tugu 'Sa' yang berada di puncak Gunung Tidar.

Tugu ini dipercaya oleh masyarakat sebagai 'Pakuning Tanah Jawa' atau paku atau pusatnya tanah jawa, oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Walikota Magelang, Sigit Widyonindito; Bupati Magelang, Zaenal Arifin.

Kendi-kendi yang berisi air disiramkan di sekitar tugu, sebagai perlambang agar 'Paku Bumi' ini dapat tetap kokoh berdiri.

Baca: Berbagai Upaya untuk Pemilu Damai di Sleman

Kemudian, prosesi 'Umbul Donga' dimulai. Para seniman mengenakan kain putih dan sorban, diiringi oleh putri-putri cantik membawa obor.

Ia membacakan puisi tentang persatuan dan kesatuan, ajakan untuk bersatu menjaga kedamaian, dalam bahasa jawa.

Sementara itu, para koor yang sebagian besar para putri ini dengan mengenakan kebaya putih menembangkan lagu 'Ilir-ilir' untuk mengiringi prosesi Umbul Donga.

Setelah pembacaan puisi selesai, obor-obor yang mereka bawa, mereka sulutkan ke Gunungan yang ditempeli tulisan-tulisan doa.

Halaman
123
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved