Otomotif

Japs Style Harian Kedepankan Kenyamanan

Japan Style atau juga kerap disebut Jap's Style di kalangan pecinta modifikasi motor menjadi salah satu acuan gaya modifikasi yang diminati

Japs Style Harian Kedepankan Kenyamanan
Dok Pribadi
Motor Tiger yang dimodifikasi model Japs Style karya Andi 

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM - Japan Style atau juga kerap disebut Jap's Style di kalangan pecinta modifikasi motor menjadi salah satu acuan gaya modifikasi yang diminati. Salah satu alasan gaya modifikasi ini menjadi favorit lantaran bisa diterapkan di motor dengan kapasitas mesin kecil.

Seperti yang dilakukan bengkel modifikasi yang dikelola Andi ini, aliran Japs Style masih menjadi salah satu gaya modifikasi yang diminati pelanggannya. Kali ini Andi mengerjakan pesanan Jap Style dengan bahan Honda Tiger pabrikan tahun 2005.

Baca: Mengenal Anifatul Jannah, Pegiat Literasi Membaca yang Dirikan Perpustakaan di Rumah Sendiri

Sesuai kebutuhan owner motor tersebut, gaya modifikasi Jap Style akan dipakai untuk harian. Sehingga, faktor kenyamanan saat berkendara menjadi pertimbangan utama.

"Shock depan sengaja masih menggunakan bawaan pabrik dari motornya. Ini mempertahankan suspensi depan yang standar sehingga motor tetap memberikan kenyamanan saat dikendarai melewati jalanan yang tak mulus," kata Andi.

Motor Honda Tiger yang dimodifikasi ala Japs Style karya Andi
Motor Honda Tiger yang dimodifikasi ala Japs Style karya Andi (Dok Pribadi)

Untuk shock belakang, Andi memilih memakai merk Takegawa yang lazim digunakan untuk part modifikasi Jap Style. Sementara untuk head lampu atau lampu depan menggunakan daymaker.

Sedangkan untuk lini roda, memakai pelek champ baik depan dan belakang. Untuk jari-jari roda memakai wilwod hitam, stang menggunakan fatbar dan spion menggunakan pabrikan Gorilla.

"Untuk part lainnya kita Kustom, mulai dari tangki, jok, slebor hingga tutup aki semua handmade menyesuaikan kebutuhan konsep yang dibangun," terang Andi.

Baca: Ramalan Tarot Hari Ini Minggu 24 Maret 2019 : Peluang Bagus Dalam Negosiasi Bisnis

Agar kenyamanan saat berkendara bisa didapatkan, lanjut Andi, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah riding position. Posisi berkendara idealnya disesuaikan dengan postur pengendara.

Andi mencontohkan, ketika mengendarai motor dengan gaya modifikasi cafe racer untuk jarak jauh, pengendara bersiap siap mengambil risiko lelah di punggung karena posisi berkendara membungkuk lantaran posisi stang pada motor cafe racer lebih rendah posisi dibandingkan kedua tangan pengendara.

Halaman
123
Penulis: yud
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved