Pendidikan

Desa Dieng Kulon Jadi Rujukan Pengembangan Desa Pariwisata

Pengalaman Dieng Kulon membangun desa wisata menjadi bahan penelitian disertasi mahasiswa doktoral UGM, Drs Bakri MM

Desa Dieng Kulon Jadi Rujukan Pengembangan Desa Pariwisata
istimewa
Drs Bakri MM saat menyampaikan paparannya 

Laporan Reporter Tribun Jogja. Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menginisiasi sebuah desa wisata tidaklah mudah, sebab melibatkan seluruh unsur masyarakat dari tokoh agama, tokoh adat, pemuda, penduduk lokal dan perangkat pemerintahan.

Semua unsur itu harus terbuka dan bekerja sama dengan mengandeng pihak internal dan eksternal dalam melakukan upaya promosi wisata.

Pengalaman Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah yang berhasil mengelola desa wisata lewat Festival Budaya Tradisi Potong Rambut Gimbal bisa menjadi rujukan bagi desa lain di Indonesia.

Bahkan pengalaman Dieng Kulon membangun desa wisata menjadi bahan penelitian disertasi mahasiswa doktoral UGM, Drs Bakri MM, untuk mengetahui peran modal sosial masyarakat dalam pengembangan desa wisata.

Desa Dieng Kulon, kata Bakri, bisa menjadi rujukan dalam pengembangan desa pariwisata.

Ia mengatakan, pengembangan desa wisata berasal dari ide seorang tokoh adat yang menginginkan Festival Budaya Dieng dengan Upacara Memotong Rambut Gimbal.

“Tokoh ini tahu tentang potensi pariwisata dan mendapat dukungan kepala desa serta dukungan RT/RW untuk menampilkan grup kesenian tanpa dibayar,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Jumat (22/3/2019).

Baca: Soal Caleg Eks Napi Korupsi, Pukat UGM: Sosialisasi KPU Mesti Lebih Masif

Menurut Bakri, adanya kerjasama dengan pihak biro perjalanan wisata, serta promosi yang gencar, festival budaya dengan potong rambut gimbal ini menjadi daya tarik Festival Budaya Dieng yang mampu mengundang wisatawan lokal dan mancanegara.

Bakri menuturkan saat pertama kali festival budaya digelar tahun 2009, masyarakat Dieng Kulon sempat mengalami frustasi karena festival budaya tersebut hanya ditonton warga setempat.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved