Surabaya Bangun Alun-alun Bawah Tanah, Jadi Ikon Baru Kota dan Dibangun Mulai Juni 2019

Pemerintah Kota Surabaya akan membangun alun-alun di bawah tanah. Dianggarkan Rp 80 miliar untuk membangun ikon baru di Kota Pahlawan tersebut

Surabaya Bangun Alun-alun Bawah Tanah, Jadi Ikon Baru Kota dan Dibangun Mulai Juni 2019
DOK Pemkot Surabaya
Desain Alun-alun Surabaya yang berada di permukaan dan sebagian di bawah Jalan Pemuda Nomor 17, di bawah Jalan Yos Sudarso, serta basement Balai Pemuda. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya akan membangun alun-alun di bawah tanah.

Kepala Bidang Bangunan Gedung Dinas Perumahan Iman Krestian mengatakan, pihaknya telah mendesain alun-alun tersebut dengan sejumlah fasilitas.

"Di sana ( Alun-alun Surabaya) selain tempat ngumpul seperti alun-alun biasa, di sana itu juga ada aktivitas istilahnya spatio temporal yang bisa dibuat macam-macam. Tidak fix dibuat sentra PKL, ada banyak aktivitas," kata Iman, Kamis (21/3/2019).

Sentra Kuliner dan UMKM

Iman mengatakan, Alun-alun Surabaya yang terletak di bawah tanah itu bukan dihuni sentra PKL, tapi lebih ke sentra kuliner unggulan Surabaya.

Itu artinya, yang boleh menjadi member adalah pedagang yang sudah terpilih kualitasnya oleh pemkot. Di Alun-alun Surabaya juga akan tersedia produk UMKM Surabaya dengan model portable.

Desain alun-alun bawah tanah Surabaya
Desain alun-alun bawah tanah Surabaya ()

Pedagang yang berjualan akan melalui proses kurasi yang ketat. Sehingga sentra kuliner dan produk UMKM Surabaya yang benar-benar memiliki kualitas dan menjadi unggulan di Surabaya.

"Cita rasa harus benar-benar khas Surabaya dan Dinas Kesehatan akan melakukan pendampingan, untuk pemantaun harga dan kesehatannya harus terjamin," ujar dia.

Iman menyampaikan, Alun-alun Surabaya tidak jauh beda dengan alun-alun pada umumnya. Konsepnya memang dibuat sebuah open space atau ruang publik yang terbuka.

"Di sana masyarakat bebas beraktivitas seperti apa. Kita sediakan performance art. Sebenarnya kita cuma support utilitas dan yang jelas ber-AC karena di bawah tanah," jelasnya.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved