Travel

Rumah Makan Dapur Warna, Alternatif Destinasi Wisata Kuliner dan Rekreasi di Yogyakarta

Dapur Warna memanjakan wisatawan dengan aneka sajian kuliner nusantara hingga makanan khas Korea.

Rumah Makan Dapur Warna, Alternatif Destinasi Wisata Kuliner dan Rekreasi di Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Suasana pembukaan Dapur Warna yang terletak di Jalan Kaliurang KM 11, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kawasan Malioboro memang masih menjadi jawara pusat kunjungan wisata di Kota Gudeg, Yogyakarta.

Namun, tak ada salahnya, usai jalan-jalan dan berbelanja di Malioboro, coba menikmati aneka sajian kuliner sembari menikmati suasana asri khas pedasaan di Rumah Makan Dapur Warna yang terletak di Jalan Kaliurang KM 11, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman.

Dapur Warna yang baru saja diresmikan Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X, Kamis (21/3/2019), tak hanya memanjakan wisatawan dengan aneka sajian kuliner yang tersedia mulai dari aneka kuliner nusantara hingga makanan khas Korea.

Kehadiran Dapur Warna diharapkan selain menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat juga mampu menaikkan pamor wisata Sleman.

"Kami menyampaikan apresiasi, Edutainment & Wisata Kuliner Dapur Warna ini mampu menjadi alternatif kunjungan wisatawan dalam negeri dan mancanegara untuk menikmati kuliner Yogyakarta," kata Paku Alam X.

Ia pun berharap kehadiran rumah makan ini bisa memberikan maslahat bagi masyarakat setempat, Paku Alam X kemudian memukul gong menandai secara resmi operasional Edutainment & Wisata Kuliner Dapur Warna.

Wakil Gubernur DIY itu kemudian menandatangani prasasti.

Tampak mendampingi, Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana dan wakilnya Arif Noor Hartanto, anggota DPR RI Esti Wijayati serta anggota Komisi C DPRD DIY, Nuryadi.

Wisatawan yang berkunjung ke Dapur Warna bakal disuguhi suasana asri khas pedesaan di Dapur Warna yang berdiri di tanah sekira satu hektar.

Baca: Yamie Singkawang di Jogja, Buat Kamu yang Pengen Jajal Kuliner Khas Pontianak

Selain itu, fasilitas yang tersedia di tempat ini pun cukup lengkap, mulai dari hall yang dapat menampung sekira 500an orang, lima bangunan joglo limasan, dan juga aneka wahana permainan anak.

"Di Dapur Warna bukan hanya menyajikan aneka pilihan kuliner, namun ke depan juga bakal dilengkapi aneka eduwisata seperti belajar membatik, membuat kerajinan gerabah, dan aneka kegiatan lainnya. Jadi datang kesini tidak sekadar makan saja, namun ada nilai plusnya edukasi dan rekreasi," kata Komisaris Edutainment & Wisata Kuliner Dapur Warna, Nuryadi, Kamis (21/3/2019).

Nuryadi optimistis kehadiran kawasan Edutainment & Wisata Kuliner Dapur Warna yang berada di Jalan Kaliurang Km 11 persis di belakang Toserba “WS” ini mampu menambah lama tinggal wisatawan.

"Artinya, rombongan wisatawan dari arah Yogyakarta menuju Kaliurang atau Candi Borobudur bisa transit di Dapur Warna menikmati sajian kuliner di kawasan itu. Kita juga tengah memikirkan untuk melengkapi kawasan ini dengan homestay yang unik berupa bangunan yang terbuat dari kayu dan juga dilengkapi fasilitas penunjang lainnya," tambahnya.  (*)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved