Jawa

Pemkot Magelang Dapat Apresiasi Wajib Pajak Terbesar

Realisasi penerimaan pajak tahun 2018 di KPP Pratama Magelang sebesar Rp 795,22 miliar atau mencapai 93,04 persen dari target sebesar Rp 854,73 miliar

Pemkot Magelang Dapat Apresiasi Wajib Pajak Terbesar
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Kepala Disdikbud Kota Magelang Taufik Nurbakin (paling kiri) dan Bendahara Umum Kota Magelang (tengah) menerima penghargaan sebagai wajip pajak terbaik dari KPP Pratama Magelang, dalam Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahun 2018 dan Tax Gathering di Hotel Grand Artos Magelang, Kamis (21/3/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dua organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Magelang yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang beserta Bendahara Umum Daerah Kota Magelang mendapat penghargaan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Magelang sebagai wajib pajak (WP) terbaik.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala KPP Pratama Magelang Wiratmoko dan Walikota Magelang Sigit Widyonindito, disaksikan oleh perwakilan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II, Muhamad Riza, dalam Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahun 2018 dan Tax Gathering di Hotel Grand Artos Magelang, Kamis (21/3/2019).

"Penghargaan ini kami berikan kepada wajib pajak yang telah melaksanakan kewajibannya membayar pajak, dengan harapan seluruh wajib pajak lainnya untuk meneladani," kata Kepala KPP Pratama Magelang Wiratmoko.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, pada kategori WP Bendaharawan dengan Pembayaran Terbesar di Tahun 2018 dan Bendahara Umum Daerah Kota Magelang, kategori Bendahara Instansi dengan Jumlah Pegawai Telah Lapor SPT Tahunan e-Filling Paling Banyak.

Dari pantauan Tribunjogja.com, selain penghargaan ini, pihaknya juga menyerahkan plakat bukti penerimaan SPT kepada Walikota Magelang Sigit Widyonindito dan Wakil Bupati Magelang Edy Cahyana, sebagai bukti bahwa kedua pejabat tersebut sudah melaporkan SPT tahunan.

Wiratmoko memaparkan realisasi penerimaan pajak tahun 2018 di KPP Pratama Magelang sebesar Rp 795,22 miliar atau mencapai 93,04 persen dari target sebesar Rp 854,73 miliar.

Kota Magelang berkontribusi sebesar 47 persen dari capaian tersebut.

Adapun target penerimaan pajak tahun 2019 ini, lanjut Wiratmoko, mencapai Rp 967,77 miliar.

Baca: Pejabat Kota Magelang Dituntut Inovatif

Sementara hingga bulan Maret 2019 realisasi penerimaa pajak KPP Pratama Magelang telah mencapai 12 persen.

Kepala Bidang Pendaftaran, Ekstensifikasi, dan Penilaian Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II, Muhamad Riza menyatakan satu di antara strategi untuk memenuhi target adalah meningkatkan kepatuhan dan memperkuat basis data.

"Karenanya kami mengharapkan dukungan dari seluruh instansi pemerintah wilayah Kota Magelang dan Kabupaten Magelang untuk memenuhi kewajiban penyampaian data," kata Riza.

Sementara itu, Walikota Magelang Sigit Widyonindito, berterimakasih atas apresiasi yang diberikan kepada instansi Pemkot Magelang sebagai WP terbaik.

Ini merupakan satu dari beberapa wujud kepercayaan masyarakat Kota Magelang terhadap pajak semakin tinggi.

"Bahkan dalam kurun 3-4 tahun terakhir, pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Magelang mencapai lebih dari 100 persen, kisaran 112-115 persen. Kepercayaan masyarakat tinggi terhadap pajak, saya bangga, harus terus dijaga," tuturnya. (*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved