Kesehatan

Komisi Penanggulangan Aids Susun Strategi Tangani Kasus HIV/Aids di Yogyakarta

Komisi Penanggulangan Aids Susun Strategi Tangani Kasus HIV/Aids di Yogyakarta

Komisi Penanggulangan Aids Susun Strategi Tangani Kasus HIV/Aids di Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Dwi Nourma Handito
Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM - Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X Wakil Gubernur DIY mengatakan, penanggulangan HIV/AIDS di DIY telah memiliki payung hukum, yakni Perda DIY Nomor 12 Tahun 2010 tentang Penanggulangan HIV dan AIDS di DIY dan Pergub DIY Nomor 37 dan 39 Tahun 2012 yang mengamanatkan, semua sektor harus berperan aktif dalam upaya penanggulangan dan pencegahan HIV dan AIDS di DIY. 

Sri Paduka Paku Alam X juga mengungkapkan kewaspadaan terhadap serangan virus HIV harus terus ditingkatkan, karena penyakit ini bisa menyebar secara luas.

Untuk itu, pertemuan Koordinasi Awal Penanggulangan HIV/AIDS di DIY tahun 2019 ini penting diselenggarakan sebagai upaya bersama untuk lebih meningkatkan jalinan koordinasi, serta perbaikan kinerja ke depan agar lebih baik.

Baca: Pengidap HIV/Aids di DIY Cukup Tinggi, Dinas Kesehatan Waspadai Penularan Terhadap Ibu Rumah Tangga

Sebagai Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) DIY, Sri Paduka menuturkan, KPA DIY telah melakukan berbagai upaya untuk mengkoordinasikan kegiatan penanggulangan, baik dengan OPD, LSM, layanan, kelompok dukungan dan populasi kunci.

Saat ini yang perlu dilakukan ialah evaluasi apa kekurangan dan kelebihan dari semua usaha yang sudah dilakukan.

“Saya berharap, dalam pertemuan ini dapat disampaikan evaluasi dan penyusunan laporan tahunan, serta rencana kegiatan penangulangan HIV/AIDS di DIY tahun 2019. Sehingga bisa diketahui apa yang harus diperbaiki dan apa yang sudah baik. Yang sudah baik tentu bisa lebih ditingkatkan,” jelasnya.(tribunjogja)

Penulis: ais
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved