Jawa

Pengembangan Kawasan Purwomanggung Dipusatkan di Kota Magelang

Purwomanggung sendiri terdiri dari Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang, Kota Magelang dan Kabupaten Temanggung.

Pengembangan Kawasan Purwomanggung Dipusatkan di Kota Magelang
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Walikota Magelang, Sigit Widyonindito memberi sambutan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Pendopo Pengabdian komplek Rumah Dinas Walikota Magelang, Rabu (20/3/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kota Magelang siap mendukung pengembangan kawasan Purwomanggung di Jawa Tengah.

Purwomanggung sendiri terdiri dari berbagai daerah meliputi Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang, Kota Magelang dan Kabupaten Temanggung.

"Arah kawasan Purwomanggung pada pertanian, pariwisata, dan sektor lain. Untuk Kota Magelang, sebagai pusat pengembangan wilayah, yang kami kontribusikan adalah pariwisata karena untuk pertanian lahannya kecil," kata Kepala Bappeda Kota Magelang Joko Soeparno, Rabu (20/3/2019) dalam Musrenbang RKPD di Pendopo Pengabdian komplek Rumah Dinas Walikota Magelang.

Joko menuturkan, Pemkot Magelang akan mengembangkan prinsip urban farming yakni pola pertanian pada lahan sempit tapi menghasilkan nilai ekonomis besar.

Bahkan tahun 2020 mendatang, Pemkot Magelang akan menyewa lahan untuk mengembangkan bunga anggrek.

"Kami akan menyewa lahan di dataran tinggi di Kabupaten Magelang untuk pengembangan bunga anggrek. Anggrek jika dibudidayakan sebagai karya kreatif akan memberikan keuntungan ekonomi bagi petani, perajin ataupun pengusaha jasa taman," katanya.

Dalam pembahasan RKPD, berbagai kebijakan yang digaungkan oleh Pemerintah pusat dibicarakan.

Beberapa di antaranya adalah reaktifasi jalur kereta api Semarang-Ambawara-Yogyakarta serta pembangunan jalan tol Bawen-Yogyakarta.

Kebijakan ini diperkirakan akan membawa dampak yang cukup besar untuk Kota Magelang.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved