Nasional

Raih Sertifikasi Paripurna, RSPAU Akan Bangun Paviliun Khusus Kejiwaan

Mengemban tanggung jawab tersebut, RSPAU terus berbenah dan berupaya meningkatkan fasilitas dan pelayanan kepada pasien.

Raih Sertifikasi Paripurna, RSPAU Akan Bangun Paviliun Khusus Kejiwaan
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan Nugroho
Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM (kanan) didampingi Kepala RSPAU dr S Hardjolukito Yogyakarta, Marsma TNI DR. dr. Isdwiranto Iskanto Msc, SP.BS., Sp. K, (kiri) saat meninjau Instalasi Gawat Darurat (IGD) baru yang ada di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr S Hardjolukito Yogyakarta, Senin (18/3/2019) sore. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr S Hardjolukito baru saja memperoleh predikat sertifikasi Paripurna.

Mengemban tanggung jawab tersebut, RSPAU terus berbenah dan berupaya meningkatkan fasilitas dan pelayanan kepada pasien.

Kepala RSPAU dr S Hardjolukito Yogyakarta Marsma TNI DR. dr. Isdwiranto Iskanto Msc, SP.BS., Sp. K, menyampaikan pihaknya rencananya akan memulai pembangunan paviliun berkelas VIP untuk pasien-pasien kejiwaan.

"Insya Allah kami akan punya paviliun khusus untuk pasien psikiatri atau kejiwaan. Ini nanti paviliuannya lux karena pertama kali serta satu-satunya tempat perawatan dengan standar tinggi untuk pasien kejiwaan yang ada di DIY," paparnya kepada media, Senin (18/3/2019) lalu.

Baca: Amankan Pemilu, KSAU Siapkan Paskhas dan 12 Pesawat Hercules

Pavilliun yang rencananya digunakan untuk pasien penyakit jiwa akan dibangun satu lantai dengan menempati lahan sekitar 500 m2 di dalam areal kompleks RSPAU.

Pihaknya memastikan bahwa paviliun ini nantinya berbeda dengan tempat sejenis lainnya yang sudah ada di DIY.

Selain fasilitas yang lebih mewah, konsep tempat perawatannya juga dibuat berbeda dimana pada paviliun nantinya ini akan dibuat 12 hingga 14 kamar untuk tahap awal pembangunannya.

Konsep ini, kata dia, berbeda dengan tempat perawatan sejenis dimana dibuat dalam bentuk bangsal.

"Kami membuat seperti ini untuk lebih membuat privasi pasien terjamin. Sebab, banyak saat ini pasien dengan sakit jiwa atau depresi datang dari kalangan orang mampu, tapi mereka malu kalau dirawat di rumah sakit yang tidak punya akses untuk menjaga privasinya," tukasnya.

Baca: RSPAU dr S Hardjolukito Kini Miliki IGD Baru, Lebih Besar dan Representatif

Dibangunnya paviliun psikiatri tersebut dibuktikan dengan adanya seremonial peletakan batu pertama yang dilakukan langsung oleh Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM Senin (18/3/2019) siang.

Hal ini menjadi bukti dukungan dari petinggi TNI AU dalam mengembangkan fasilitas rumah sakit terlebih RSPAU merupakan rumah sakit pusat.

Yuyu pun mengaku bangga dan senang atas meningkatnya fasilitas yang ada di rumah sakit tersebut.

"Ini suatu pestasi yang membanggakan," kata Yuyu kepada media.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved