Jaga Ketertiban Umum Kota Magelang, Damkar, Satpol PP, Satlinmas, Jadi Garis Terdepan

Pemadam Kebakaran (Damkar), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) menjadi garda terdepan menjaga

Jaga Ketertiban Umum Kota Magelang, Damkar, Satpol PP, Satlinmas, Jadi Garis Terdepan
Tribunjogja/Rendika Ferri K
Peringatan HUT Damkar ke-100, HUT Satpol PP ke-69 dan HUT Satlinmas ke-57 tahun 2019 tingkat Kota Magelang, komplek kantor Setda Kota Magelang, Selasa (19/3/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemadam Kebakaran (Damkar), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) menjadi garda terdepan menjaga ketertiban umum serta kondisifitas masyarakat. Mereka pun dituntut peka terhadap tugas dan kondisi di lingkungan sekitar.

"Semua personel harus peka, tanpa harus menunggu perintah, kalau saudara lihat ada yang parkir di trotoar ya ditertibkan, saudara kan tahu kalau itu melanggar peraturan ketertiban umum. Jangan apatis," ujar Walikota Magelang Sigit Widyonindito dalam acara Pembinaan Walikota Magelang pada peringatan HUT Damkar ke-100, HUT Satpol PP ke-69 dan HUT Satlinmas ke-57 tahun 2019 tingkat Kota Magelang, di Aula Adipura, komplek kantor Setda Kota Magelang, Selasa (19/3).

Sigit pun mengapresiasi kinerja dari Pemadam Kebakaran (Damkar), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Magelang. Mereka dengan sigap menjalankan tugas menjadikan Kota Magelang tetap bersih, aman dan tertib.

Baca: Sindikat Upal Senilai Rp4,6 Miliar di Kontrakan Godean, Pelaku Berprofesi Dukuh dan Guru Honorer

Baca: Kota Magelang Masih Butuh Lebih Banyak Rusun

Baca: Aturan Ditetapkan, Ojol Tunggu Dampak

Baca: Shin Min Ah Siap Sapa Penggemar Lewat Drama Baru

Pun kaitannya dengan Pemilu 2019, personel Satlinmas, diharapkan tetap berperan aktif bersama masyarakat menjaga keamanan. "Seluruh personel telah berkomitmen terhadap tugas sesuai keahlian masing-masing. Saya berpesan dimanapun bertugas, laksanakanlah dengan baik, jangan setengah-setengah," ucapnya.

Sementara itu, epala Satpol PP Singgih Indri Pranggana, memaparkan tugas dari seluruh personel Damkar, Satpol PP, Satlinmas bukan saja melakukan tupoksi saja, bahkan terus berkembang. Mereka juga kerap ikut bergotong royong bersama masyarakat, membantu mengatur lalu lintas bersama Polri serta patroli bersepeda.

"Tugas setiap satuan, baik Damkar, Satpol PP maupun Satlinmas, kini berkembang. Damkar misalnya, kata Singgih, kerap melakukan penanganan ular berbisa dan lebah. Sering ada laporan warga yang tidak berani menangani lebah secara mandiri. Damkar juga melakukan pelatihan dan edukasi pelajar," katanya.

Jumlah personel Satpol PP Kota Magelang mencapai 53 orang (ASN), Banpol 74 orang, tenaga kontrak 9 orang, Damkar 48 orang dan Satlinmas inti 40 orang. Untuk sarana prasarana, memiliki truk, 4 mobil patroli, 1 mobil pengawalan, 7 mobil Damkar, dan lainnya.

Dalam kegiatan HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas tingkat Kota Magelang telah dimulai sejak Februari 2019, antara lain gelar pasukan, siraman rohani, mengikuti rapat kerja nasional (rakornas) di Pekanbaru dan upacara puncak peringatan di halaman Pemkot Magelang.(rfk)

Penulis: rfk
Editor: ose
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved