Kulon Progo

Penginapan di Pantai Glagah Ancam Keselamatan Bandara NYIA

Area tersebut harus disterilkan dari aktivitas penduduk dan dibenahi jadi kawasan sabuk hijau sebagai fasilitas penunjang dalam mitigasi bencana.

Penginapan di Pantai Glagah Ancam Keselamatan Bandara NYIA
Tribun Jogja/ Singgih Wahyu Nugraha
Sejumlah pekerja tengah mengebut pengerjaan bangunan terminal penumpang New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo, Rabu (13/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Keberadaan sejumlah bangunan penginapan di selatan lokasi New Yogyakarta International Airport (NYIA), Kecamatan Temon, dinilai bisa menjadi potensi ancaman bagi keselamatan operasi penerbangan di bandara baru tersebut.

Pasalnya, tidak ada pengawasan khusus terhadap profil tamu yang datang menginap.

Di pesisir pantai selatan NYIA itu, khususnya di kawasan Pantai Glagah memang terdapat belasan bangunan fasilitas penginapan dengan ratusan unit kamar.

Lokasinya berada di barat laguna wisata Pantai Glagah dan hanya berjarak sekitar seratusan meter sebelah selatan dari landasan pacu (runway) NYIA, terpisahkan oleh pagar teralis besi.

Penginapan-penginapan itu selama ini banyak digunakan oleh wisatawan dari sekitar Yogyakarta maupun luar daerah.

Project Manager Pembangunan NYIA PT Angkasa Pura I, Taochid Purnama Hadi mengatakan, pihaknya sudah membuat mitigasi terhadap potensi bencana dan ancaman terhadap keselamatan operais penerbangan di NYIA.

Di antaranya mencakup mitigasi mengantisipasi gempa bumi dan tsunami yang antara lain mencakup penanganan di area pesisir pantai selatan NYIA sepanjang Pantai Glagah hingga Pantai Congot.

Area tersebut harus disterilkan dari aktivitas penduduk dan dibenahi menjadi kawasan green belt alias sabuk hijau sebagai fasilitas penunjang bandara dalam mitigasi bencana.

Sabuk hijau diharapkan bisa melindungi NYIA dari potensi ancaman bencana tsunami sekaligus mencegah abrasi di bibir pantai.

Apalagi, letak landasan pacu terhitung sangat dekat dengan area pantai.

Baca: Rencana Operasional Bandara NYIA Kulonprogo, Kesiapan Landas Pacu Hingga Hiasan Ornamen Motif Kawung

Halaman
1234
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved