ADVERTISING

Dinkes DIY : Ayo Lakukan Germas

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tidak henti-hentinya disosialisasikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY kepada masyarakat.

Dinkes DIY : Ayo Lakukan Germas
istimewa
Dinkes DIY saat melakukan sosialisasi Germas di Mlati, Sleman beberapa hari lalu 

TRIBUNJOGJA.COM - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tidak henti-hentinya disosialisasikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY kepada masyarakat.

Setidaknya, pada 2018, Dinkes DIY telah mensosialisasikan Germas di 45 lokasi yang ada di Yogyakarta.

Rencananya di tahun ini, Dinkes DIY akan melakukan sosialisasi ke 51 lokasi.

Yulia Irene Henny HW, Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan DIY menerangkan jika Germas sendiri dilakukan guna mengajak masyarakat supaya berperilaku hidup sehat.

Pasalnya, penyakit tidak menular semakin hari semakin bertambah.

Yulia menerangkan jika Yogyakarta sendiri menduduki peringkat 1 sampai dengan 3 hasil riset kesehatan dasar 2018.

Untuk kanker sendiri menduduki peringkat pertama, hipertensi dan diabetes melitus menduduki peringkat kedua, dan jantung ada di peringkat ketiga.

"Karena penyakit tidak menular semakin tahun makin meningkat. Penyakit menularnya belum habis, penyakit tidak menular yang makin meningkat," ungkapnya.

Dia menjelaskan jika penyebab dari penyakit tidak menular ini sendiri yakni kurangnya aktivitas fisik, kurangnya makan sayur dan buah serta masih banyak masyarakat yang tidak cek kesehatan karena merasa badannya sehat.

Baca: Sosialisasi Germas, Dinkes DIY Ajak Masyarakat Hidup Sehat dengan Banyak Makan Buah dan Sayur

"Padahal kita tahu kalau kita sehat atau tidak dibuktikan dengan cek kesehatan. Kita lihat sekarang, banyak anak remaja, anak kecil jarang makan sayur, jarang makan buah, dengan Germas bagaimana caranya orangtua memotivasi anaknya untuk makan sayur dan buah. Orangtua banyak yang suka sayur anaknya yang kurang makan sayur dan buah," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved