Bantul

Sosialisasi Kesetaraan Gender DP3AP2 di Mangunan, Petugas Beri Apresiasi ke Warga

Sosialisasi Kesetaraan Gender DP3AP2 di Mangunan, Petugas Beri Apresiasi ke Warga

Sosialisasi Kesetaraan Gender DP3AP2 di Mangunan, Petugas Beri Apresiasi ke Warga
Istimewa
Sosialisasi pemahaman gender kepada masyarakat di Balai Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Kamis (14/2/2019) oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY. 

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY melakukan sosialisasi pemahaman gender kepada masyarakat di Balai Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Kamis (14/2/2019).

Acara sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 150 warga sekitar Mangunan.

Kepada Tribunjogja.com, Kepala Bidang Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan DP3AP2 DIY, Nelly Tristiana mengungkapkan, pemahaman perihal kesetaraan gender di lingkup masyarakat ini sangat penting.

Pasalnya, posisi kaum perempuan di tengah masyarakat tak boleh lagi dipandang sebelah mata.

Baca: Transaksi JIFFINA 2019 Tembus US$ 76,2 Juta

“Karena pada hakikatnya peran perempuan baik dari sisi kodrat (melahirkan, menyusui, hamil) dan peran gender yang dibentuk oleh konstruksi budaya harus dipahami utuh oleh masyarakat. Lalu posisi mereka di ranah domestik (rumah) dan publik (lingkungan bermasyarakat) yang tak kalah penting,” kata Nelly.

Di DIY sendiri, pemahaman masyarakat perihal kesetaraan gender ini relatif baik termasuk di Mangunan.

Meski demikian, pihak DP3AP2 akan terus melakukan sosialisasi demi memperluas cakupan pemahaman kesetaraan gender. Setelah tahun lalu 60 desa di DIY mendapat sosialisasi, tahun ini target sosialisasi di 75 desa.(tribunjogja)

Penulis: sus
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved