Bisnis

Sampoerna Dorong UMKM di Kota Yogyakarta Naik Kelas

PT HM Sampoerna Tbk mewujudkan komitmennya untuk terus mengembangkan dan mendorong UMKM di seluruh pelosok negeri agar naik kelas.

Sampoerna Dorong UMKM di Kota Yogyakarta Naik Kelas
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan Nugroho
Sejumlah UMKM di Kota Yogyakarta saat memamerkan produk unggulan dalam Bazaar UMKM Untuk Negeri yang diinisiasi oleh PT HM Sampoerna Tbk bekerjasama dengan BEDO dan Pemerintah Kota Yogyakarta di Taman Budaya Yogyakarta, Sabtu (16/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PT HM Sampoerna Tbk mewujudkan komitmennya untuk terus mengembangkan dan mendorong UMKM di seluruh pelosok negeri agar naik kelas.

Hal ini diwujudkan melalui beragam cara salah satunya yakni Bazaar UMKM Untuk Negeri yang dilaksanakan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pada 16-17 Maret 2019.

Tak hanya menjaring dan mewadahi pelaku UMKM untuk mengenalkan produk kepada konsumen, bazar kali ini rupanya sebagai salah satu acara puncak dari rangkaian yang telah dilalui sebelumnya.

Baca: Akselerasi Ekonomi Digital, GO-JEK Latih 150 UMKM Binaan Muslimat NU di Yogyakarta

Sebelumnya, pelaku usaha telah dilatih dan diajarkan mengenai cara-cara dan tahapan yang harus dilalui oleh pelaku UMKM untuk menaikkan kelas usahanya oleh trainer yang ahli dibidangnya.

"Program ini dalam rangka pengembangan UKM dan sekaligus merupakan upaya dalam menciptakan lapangan kerja," kata Nazrya Octora Manager Coorporate Communication, PT HM Sampoerna Tbk, Sabtu (16/3/2019).

Baca: Keren, Petugas Kebersihan Bikin Gazebo dari Limbah Botol Plastik

Program tanggung jawab sosial perusahaan 'Sampoerna Untuk Indonesia' kali ini menggandeng Business and Export Development Organization (BEDO), untuk memberikan materi pembekalan tentang pengembangan usaha melalui program Sustaining Competitive & Responsible Enterprises (SCORE) kepada lebih dari 100 pemilik usaha yang menerima bimbingan ini.

Tak hanya Kota Yogyakarta saja namun program ini juga difokuskan di kota lain seperti Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pasuruan.

Baca: Startup Asal Yogya Titipku.com Ajak Jutaan Anak Muda Indonesia Peduli Kemajuan UMKM

Sejak dilaksanakan dari 2016, program serupa ternyata direspon positif oleh pelaku usaha dan pemerintah sehingga pihaknya akan terus melaksanakan program ini kedepan.

"Program ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat, karena selain memberikan pelatihan mengenai pengembangan usaha, pelatihan pengembangan produk dan pelaksanaan 5S, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk didampingi para trainer BEDO dalam bentuk coaching," lanjutnya.

Di Kota Yogyakarta sendiri, program ini telah bersinergi dan bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Yogyakarta.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved