Sport

Kejuaraan Kick Boxing Bupati Sleman Cup 2019 Digelar Sleman City Hall

Kick boxing ialah olahraga bela diri yang menggabungkan keanggunan dan gaya tinju dengan menendang serta tidak memperkenankan menyerang lawan yang tel

Kejuaraan Kick Boxing Bupati Sleman Cup 2019 Digelar Sleman City Hall
TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Kejuaraan Kick Boxing Bupati Sleman Cup 2019 Digelar Sleman City Hall, Sabtu (16/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebanyak 150 atlet dari berbagai basic ilmu beladiri ambil bagian di Kejuaraan Kick Boxing Bupati Sleman Cup 2019 di Atrium Shinta, Sleman City Hall, Sabtu dan Minggu, 16-17 Maret 2019.

Tak sekadar bertujuan menjaring potensi atlet unggulan serta sarana pembinaan, namun digelarnya kejuaraan tersebut juga ditujukan guna memasyarakatkan olah raga beladiri kick boxing kepada masyarakat.

"Digelarnya Kejuaraan Kick Boxing Bupati Sleman Cup 2019 merupakan wujud kepedulian Sleman City Hall kepada pembinaan berbagai cabor bela diri, termasuk kick boxing. Sesuai namanya, Sleman City Hall (SCH), bukan Sleman City Mall. Kami ingin SCH menjadi pusat berbagai kegiatan masyakat termasuk di bidang olah raga," kata Even Promosi SCH, Ori Desnanda Saputra, Sabtu (16/3/2019).

Baca: Anucha Kochana Kick Boxing Cilik Tewas Setalah Dipukul KO, Sang Lawan Menyesal

Terpisah, promotor Kejuaraan Kick Boxing Bupati Sleman Cup 2019, Wira Prasetyo Catur menjelaskan bahwa kegiatan ini tak hanya diikuti para atlet amatir asal DIY saja melainkan juga atlet dari berbagai daerah di Indonesia.

Adapun sebanyak 150-an atlet dibagi dalam 32 kelas untuk putra dan putri, dari kategori yunior hingga senior.

"Turnamen kick boxing amatir ini diikuti camp-camp dari berbagai daerah se-Indonesia dan praktisi bela diri mulai dari silat, taekwondo, wushu, dan lain-lain bersatu disini," ujar Wira.

Baca: Kriteria Atlet DIY untuk PON 2020 Bakal Diperketat

"Tujuannya mengenalkan kick boxing pada masyarakat Sleman dalam pengembangan cabor yang baru berjuang untuk masuk keanggotaan KONI tahun ini. Terlebih, karena kick boxing ini sudah diperlombakan pada Sea Games 2019 di Manila, Filipina," imbuhnya.

Adapun ia menjelaskan bahwa kick boxing ialah olahraga bela diri yang menggabungkan keanggunan dan gaya tinju dengan menendang serta tidak memperkenankan menyerang lawan yang telah terjatuh.

"Di kick boxing atlet mengenakan pelindung kepala, pelindung gigi, sarung tangan, dan kaus kaki, ya lebih safety lah," ujarnya.

Lebih lanjut, Wira mengatakan bila cabor bela diri kick boxing pihaknya gencar menggalakkan berbagai kejuaraan di berbagai daerah.

Sebab, berbagai even ini bakal menjadi persiapan guna menjaring atlet ke Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Sea Games 2019, sekira pertengahan tahun Juni 2019 mendatang.

"Di kejuaraan ini menjadi wadahnya praktisi dari berbagai ilmu beladiri yang berkomitmen menjadi bagian di cabor kick boxing. Kita sudah berikan rule dalam pertandingan, aturan, dan semua praktisi bela diri bisa bergabung," pungkasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved