Kota Magelang

Tidar Selatan Diunggulkan dalam Pemilihan Pelaksana Gotong Royong Masyarakat se-Jateng 2019

Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, diunggulkan dalam pemilihan Pelaksana Gotong Royong Masyarakat

Tidar Selatan Diunggulkan dalam Pemilihan Pelaksana Gotong Royong Masyarakat se-Jateng 2019
Dok Pemkot Magelang
Penerimaan tim penilai lapangan Pelaksana Gotong Royong Masyarakat tingkat Jawa Tengah tahun 2019, di Aula Kelurahan Tidar Selatan, Magelang Selatan, Rabu (13/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, diunggulkan dalam pemilihan Pelaksana Gotong Royong Masyarakat tingkat Jawa Tengah tahun 2019.

Ini karena banyak inovasi dan potensi yang diciptakan oleh masyarakat setempat, meliputi bidang kemasyarakatan, ekonomi, lingkungan, dan sosial budaya.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, saat membacakan sambutan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, dalam acara penerimaan tim penilai lapangan Pelaksana Gotong Royong Masyarakat tingkat Jawa Tengah, di Aula Kelurahan Tidar Selatan, Magelang Selatan, Rabu (13/3/2019).

"Tidar Selatan punya banyak inovasi dan potensi unggulan yang patut dibanggakan, jadi pantas jika diunggulkan sebagai pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat Jateng," kata Windarti.

Windarti menyebutkan, di bidang kemasyarakatan, Tidar Selatan membuat Kampung Warna Warni dan Kampung Dolanan Tidar Sari.

Lalu di bidang ekonomi, wilayah ini banyak berkembang UMKM yang memproduksi aneka makanan dan oleh-oleh khas Magelang seperti batik dan tahu.

Sektor ini sangat membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Tahu produksi Tidar Selatan dipastikan beda dengan yang lain, dibuat secara khusus dan higienis jadi sehat dikonsumsi. Kalau batik khas Magelang sudah kami terapkan peraturan setiap ASN wajib memakai setiap Kamis dan Jumat," tutur Windarti.

Kemudian di bidang lingkungan, terdapat Kampung Anggrek Tidar Campur, Bank Sampah Lancar Trunan. Kampung Organik Trunan, Kampung Mozaik Tidar Warung, dan Kampung Kerajinan Daur Ulang Tidar Warung.

Sedangkan di bidang sosial budaya dan keagamaan, kelurahan ini telah berkembang tradisi-tradisi lokal seperti grebeg gethuk, grebeg tahu, dan sadranan yang secara rutin diselenggarakan setiap tahun.

Halaman
12
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved