Kota Magelang

Kualitas Karya Peserta Krenova 2019 Jadi Prioritas

Misrun menyebutkan, tercatat ada 15 karya yang sudah masuk ke panitia Krenova 2019. Mereka telah mewakili kelurahan yang ada di Kota Magelang

Kualitas Karya Peserta Krenova 2019 Jadi Prioritas
Dok Pemkot Magelang
Sebuah kompetisi yang digelar Balitbang Kota Magelang untuk menumbuhkan semangat inovasi dan kreatifitas masyarakat, khususnya generasi muda. 

TRIBUNJOGJA.COM - Badan Pengembangan dan Penelitian (Balitbang) Kota Magelang lebih mementingkan kualitas dibanding kuantitas peserta kompetisi Kreativitas dan Inovasi (Krenova) tahun 2019.

Ini agar kontes inovasi dan kratifitas warga Kota Magelang berlangsung lebih kompetitif.

”Sebenarnya target secara kuantitas tidak kami prioritaskan, karena yang terpenting adalah kualitas dan pengembangannya. Hal ini agar kontes inovasi dan kreasi itu dapat berlangsung lebih kompetitif," ujar Kepala Sub Bidang Penguatan Harmonisasi Balitbang Kota Magelang, Misrun, di kantornya, Jumat (8/3/2019).

Misrun menyebutkan, tercatat ada 15 karya yang sudah masuk ke panitia Krenova 2019. Mereka telah mewakili kelurahan yang ada di Kota Magelang.

Adapun pendaftaran akan ditutup 12 Maret 2019 dan batas pengiriman karya maksimal 14 Maret 2019.

"Target Krenova tahun 2019 hanya 30 proposal, tetapi dengan kualitas yang mumpuni. Kalau misalnya ada 40 karya yang masuk, ya kita akomodasi semua. Tapi sebagian ada yang kami pulangkan, dan kami sarankan ikut tahun depan, karena karyanya masih setengah-setengah. Bukan berarti jelek, tapi akan lebih baik kalau dimatangkan terlebih dahulu,” paparnya.

Misrun menyebutkan ada tiga hal yang diutamakan dalam krenova 2019, yakni penemuan baru, kreativitas, serta inovasi.

Untuk kategori dilombakan meliputi 9 tema, meliputi agribisnis dan pangan, energi, kehutangan dan lingkungan hidup, kelautan dan perikanan, dan kesehatan obat-obatan dan kosmetika.

Selanjutnya, kategori pendidikan, rekayasa teknologi dan manufaktur, kerajinan dan industri rumah tangga, serta sosial.

"Nanti 10 karya terbaik akan didaftarkan untuk mendapatkan hak kekayaan intelektuan (HaKI). Temuan ini juga akan diikutkan pada lomba tingkat Jawa Tengah untuk kategori utama, harapan, dan favorit," imbuhnya.

Halaman
12
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved