Gunungkidul

Kominfo GK Lakukan Koordinasi dengan Disbud Fasilitasi Internet di Situs Sokoliman

Pengadaan fasilitas internet tersebut digunakan untuk masyarakat sekitar desa Bejiharjo termasuk di dalamnya situs Sokoliman.

Kominfo GK Lakukan Koordinasi dengan Disbud Fasilitasi Internet di Situs Sokoliman
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribwo

TRIBUNJOGJA, GUNUNGKIDUL - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Gunungkidul lakukan koordinasi dengan Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul dalam memberikan fasilitas internet tanpa kabel (Wifi) di situs Sokoliman yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

Kepala Diskominfo Gunungkidul Kelik Yuniantoro mengatakan pengadaan fasilitas internet tersebut digunakan untuk masyarakat sekitar desa Bejiharjo termasuk di dalamnya situs Sokoliman.

"Kita selain memasang wifi di tempat-tempat wisata kami juga memesang wifi di komunitas-komunitas atau tempat berkumpul di masyarakat salah satunya di situs Sokoliman," ucapnya, Jumat (15/3/2019).

Baca: Diduga Terpeleset, Seorang Pencari lobster di Gunungkidul Ini Hilang Sejak Awal Pekan

Pihaknya berharap nanti pengunjung situs Sokoliman dapat memanfaatkan wifi sehingga wifi yang terpasang dapat dimanfaatkan untuk pendidikan masyarakat.

"Pelajar yang mengunjungi situs Sokoliman tidak kesulitan mengakses internet, untuk kecepatan yang dipasang di tiap titik yaitu sama 10 mbps," ujarnya.

Selain dapat dimanfaatkan untuk pendidikan diinya juga berharap internet yang dipasang dapat menambah kunjungan wisatawan di situs purbakala di Gunungkidul tidak hanya di situs Sokoliman.

"Jadi nantinya wisatawan dapat langsung membagikan pengalamannya berkunjung ke situs-situs purbakala di Gunungkidul dimasyarakat luas kepada masyarakat melalui dunia maya," katanya.

Baca: Tahun Ini 4 Desa Wisata di Gunungkidul Mendapatkan SK Bupati

Sementara itu Kepala Bidang Pelestarian dan Nilai Budaya, Dinas Kebudayaan Gunungkidul Agus Mantara mengatakan Situs Sokoliman masuk dalam cagar budaya.

Rencananya pihaknya akan melakukan rehab kembali terhadap situs Sokoliman.

"Rehab tersebut bertujuan agar situs Sokoliman sesuai dengan desain yang benar, bangunan-bangunan yang tidak sesuai akan kita rubah posisinya, dan akan melakukan pembangunan agar fragmen-fragmen yang ada disini bisa memberikan informasi kepada masyarakat Gunungkidul bahwa pada masa prasejarah di Gunungkidul sudah ada kehidpan dan teknologi," katanya.

Ia mengatakan untuk menyambut adanya fasilitas internet yang masuk pihaknya segera melakukan rehab terhadap situs Sokoliman.

"Rehab bertujuan agar masyarakat yang berkunjung dapat mengetahui desain asli dari Sokoliman, ditambah lagi disini segera akan disalurkan fasilitas wifi rehab juga bertujuan agar wisatawan nyaman saat berkunjung," tutupnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved