Nasional

Jokowi Serahkan 2.000 KIP untuk Pelajar Se-Kabupaten Toba Samosir

Kartu Indonesia Pintar sebagai satu dari beberapa program unggulan pemerintah memberikan bantuan dana pendidikan dalam tiga skema pembiayaan.

Jokowi Serahkan 2.000 KIP untuk Pelajar Se-Kabupaten Toba Samosir
Biro Pers Sekretariat Presiden
Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, pada Jumat, 15 Maret 2019, Presiden Joko Widodo hadir dalam acara penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi para pelajar se-Kabupaten Toba Samosir di SMK Negeri 1 Balige. 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, pada Jumat, 15 Maret 2019, Presiden Joko Widodo hadir dalam acara penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi para pelajar se-Kabupaten Toba Samosir di SMK Negeri 1 Balige.

Dalam acara tersebut, Presiden Joko Widodo menyerahkan langsung 2.000 Kartu Indonesia Pintar kepada para pelajar yang terdiri atas pelajar SD, SMP, SMA dan SMK.

Presiden mengingatkan, dana bantuan yang ada di kartu tersebut hanya boleh dipergunakan untuk kepentingan pendidikan para pelajar.

Baca: Unboxing Kuliner: 5 Menu Snack Serba Coklat Anti-mainstream di Hari Valentine

"Uang itu hanya diberikan untuk hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Di luar itu tidak boleh," kata Presiden.

Berdasarkan siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com, Kartu Indonesia Pintar sebagai satu dari beberapa program unggulan pemerintah memberikan bantuan dana pendidikan dalam tiga skema pembiayaan.

Untuk para pelajar tingkat SD, diberikan dana bantuan pendidikan sebesar Rp450 ribu per tahun.

Untuk pelajar SMP, diberikan Rp750 ribu.

Baca: Presiden Jokowi Apresiasi Capaian Indeks Persepsi Korupsi yang Membaik

Sedangkan untuk tingkat SMA maupun SMK, diberikan dana bantuan sebesar Rp1 juta.

"Janjian ya kalau uang yang ada di kartu ini nanti ada yang dipakai untuk beli pulsa kartunya dicabut. Kita harus disiplin menggunakan uang yang ada di kartu ini," ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Kepala Negara juga menyampaikan pesan kepada para pelajar agar bijak dalam mempergunakan KIP dan rajin belajar, beribadah, serta berolahraga.

"Saya titip terus belajar yang giat, siap? Selain itu jangan lupa juga beribadah dan berolahraga," tambahnya. (*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved