Kota Yogyakarta

DPMP Kota Yogya Siapkan Peta Potensi Investasi

Melalui peta investasi tersebut, Nurwidi menjelaskan bahwa mereka yang nantinya mengajukan izin melalui Online Single Submission (OSS).

DPMP Kota Yogya Siapkan Peta Potensi Investasi
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta Nurwidihartana mengatakan bahwa tahun ini pihaknya mencoba mengembangkan peta potensi investasi di Kota Yogyakarta.

Hal ini dilakukan sebagai alternatif investasi yang sudah ada saat ini.

"Kalau saat ini, sebagian besar investasi ada di akomodasi dan perhotelan," jelasnya ketika Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta OPD untuk berbicara program dan inovasi mereka dalam Penandatanganan Perjanjian Kinerja Strategis, di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta, Jumat (15/3/2019).

Ia menuturkan bahwa saat ini, secara sekilas potensi ekonomi kreatif di Kota Yogyakarta sudah terdeteksi tapi belum bisa memberikan informasi yang lebih detil.

Baca: OPD Kota Yogyakarta Diminta Fokus Selesaikan Sasaran Strategis

"Kalau secara makro sudah ada terkait potensi ekonomi kreatif. Tapi di mana dan aspeknya apa saja yang memengaruhi, ini yang belum ada," ungkapnya.

Melalui peta investasi tersebut, Nurwidi menjelaskan bahwa mereka yang nantinya mengajukan izin melalui Online Single Submission (OSS).

"Nanti akan kita gabungkan data OSS dengan peta investasi. Nanti klik satu NIB akan muncul potensi investasi mikro dan makronha. OPD dan masyarakat bisa membaca dan nantinya baik OPD maupun masyarakat bisa menyiapkan diri untuk masuk dalam investasi ini," bebernya.

Baca: Investasi di DIY Didorong Buka Lapangan Kerja dan Atasi Kemiskinan

Nurwidi mengatakan bahwa pengembangan investasi yang bisa dilakukan di Kota Yogyakarta yang berkaitan budaya dan perkembangan teknologi.

Selain itu investasi yang memungkinkan saat ini adalah ekonomi kreatif yang tidak berpatokan pada luasan lahan.

"Saat ini kami sedang melakukan kajian dengan lembaga pendidikan. Targetnya selama 4-6 bulan ke depan peta potensi investasi ini sudah selesai," bebernya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved